Browse By

Polisi Ringkus Spesialis Curanmor

Tersangka Mat Tarum, 34, bersama barang bukti berupa motor curian

Juga Temukan Sabu 0,9 Gram

BANGIL – Lika-liku Mat Tarum, 34, dalam aksi pencurian kendaraan bermotor (curanmor), berakhir di tangan anggota Buser Polres Pasuruan. Pelaku yang di ketahui telah beraksi di empat  TKP itu, ditangkap di rumahnya, Selasa (25/7) dini hari sekitar pukul 03.00, saat tengah terlelap. Tak hanya itu, polisi juga menemukan dua poket sabu-sabu dengan berat total 0,9 gram.

Kasat Reskrim Polres Pasuruan AKP Tinton Yudha Riambodo mengatakan, lelaki asal Kelurahan Ngemplakrejo, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan, itu terakhir beraksi 30 April lalu. Yakni,  di Desa Pandean, Kecamatan Rembang. Korbannya, yakni  Khoirul Anam, kehilangan motornya saat terparkir di tepi kolam  pancing, desa setempat. 

“Kejadiannya sekitar pukul  10.20. Tersangka melakukan  pencurian motor Satria FU milik korban dengan menggunakan kunci T,” jelas Tinton–sapaan akrabnya – saat mendampingi Kapolres Pasuruan AKBP Raydian  Kokrosono.

Loading...

Dalam aksinya, tersangka tidak sendirian. Ia melancarkan aksinya bersama rekannya yang saat ini masih buron.   Begitu berhasil menghidupkan mesin motor korban, kedua pelaku kabur. Korban yang merupakan warga Desa Genengwaru, Kecamatan Rembang, Kabupten Pasuruan, baru sadar menjadi korban pencurian saat merampungkan aktivitas memancingnya.

Ia sangat terkejut, begitu melihat motornya raib. Atas kehilangan itu, korban kemudian mengadukan ke polisi. Petugas yang mendapat laporan  tersebut, kemudian bergerak  melakukan penyelidikan. Hingga akhirnya, petugas mendapati  titik terang dengan mengidentifikasi para pelaku yang sudah  dicurigai.

“Begitu mendapati  informasi keberadaan tersangka, petugas bergerak dan menangkapnya,” ungkap mantan Kasat Reskrim Polres Lumajang ini. Saat digerebek, petugas tak hanya mendapati pelaku. Karena petugas juga mendapati dua poket sabu-sabu.Masing-masing poket beratnya mencapai 0,2 gram dan 0,7 gram.

Barang bukti sabu itu kemudian dibawa petugas bersama pelaku untuk menjalani pemeriksaan.  Kepada petugas, pelaku tak mengelak dengan apa yang dilakukannya. Bahkan, dalam pemeriksaan yang dilakukan, terungkap jika ia sudah beraksi di empat TKP.

Selain di Rembang, pelaku juga beraksi di Wonorejo; Kelurahan Manaruwi, Kecamatan Bangil; serta Kelurahan Kalianyar, Kecamatan Bangil.  Atas perbuatannya itu, tersangka dijerat pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan.  Ancamannya, tujuh tahun penjara.

“Selain untuk kebutuhan sehari-hari, pelaku mengaku jika hasil kejahatannya itu digunakan untuk memenuhi ketergantungannya terhadap narkoba, jenis sabu-sabu. Khusus untuk kasus narkoba yang melilitnya, akan  kami serahkan ke Satreskoba,”  tandasnya. (radar)

Incoming search terms:

  • Akp tinton yudha riambodo