Browse By

Enam Desa di Kabupaten Probolinggo Alami Kekeringan

Desa rawan kekeringan

BPBD Beri Bantuan Air Bersih

KRAKSAAN – Enam desa di 4  kecamatan di Kabupaten Probolinggo mengalami kekeringan. Badan Penanggulangan Bencana  Daerah (BPBD) kabupaten setempat pun memberikan bantuan air bersih ke enam desa itu.

Keenam desa itu meliputi Desa Sumberkare di Kecamatan Wonomerto; Desa Tegalsono, Bulujaran  Kidul dan Gunung Bekel di Kecama tan Tegalsiwalan; Desa Gunung Geni di Kecamatan Banyu anyar   dan Desa Tulupari di Kecamatan  Tiris.

Keenam desa itu mengalami  kekeringan sejak bulan Juni. Pada Juni lalu, BPBD menggelar rakor untuk mengantisipasi dampak dari kekeringan dan angin kencang. Dari rapat itulah, diketahui  ada 6 desa di 4 kecamatan di  Kabupaten Probolinggo yang  kekeringan.

Loading...

Enam desa ini termasuk  dalam 35 desa di 14 kecamatan  yang berisiko kekeringan tinggi  atau rawan kekeringan. Tri Priyo, kasi Pencegahan di BPBD Kabupaten Probolinggo menjelaskan, rapat itu bertujuan mengantisipasi dampak kekeringan dan angin  kencang.

Saat itu, pihaknya mengimbau agar camat setempat mengoordinasikan kebutuhan air bersih dengan BPBD.  “Imbauan kita tujukan pada para camat. Jadi, saat ada desa  yang butuh air bersih, harus  laporan ke kecamatan. Kemudian  kecamatan lapor ke BPBD.

Baru, BPBD memberikan bantuan air  bersih, sesuai laporan tersebut,” ujarnya. Saat ini, bantuan air bersih sudah diberikan ke 6 desa yang  kekeringan. Bantuan diberikan  sesuai permintaan desa. Namun,  tidak tiap hari.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Nanang Trijoko Suhartono menambahkan, pihaknya juga mengantisipasi kekeringan  di desa lain yang masuk daerah  rawan atau berisiko kekeringan tinggi. Yaitu, mengajukan dana tidak terduga. (radar)