Browse By

Kejar Maling, Anggota Polisi Disabet Celurit

Anggota Polres Probolinggo Kota menunjukkan celurit pelaku yang ditemukan di sawah.

Saat Buru Komplotan Maling

KANIGARAN – Seorang anggota Buser Polres Probolinggo Kota, yakni Aiptu Agus Erwantoro, harus dirawat di RSUD dr Mohamad Saleh setelah lengan tangan kirinya ditebas celurit oleh komplotan maling. Sementara komplotan  maling yang berjumlah 3 orang, berhasil kabur. Namun, dari ketiganya dipastikan ada yang tertembak.  

Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo, peristiwa itu terjadi dini hari kemarin (25/7) sekitar pukul 00.30.  Saat itu, Aiptu Agus dan rekannya, Brigpol Candra Bayu mengejar kawanan maling yang menyatroni Autoban di Jalan   Gatot Subroto, Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo.

“Pada saat itu saya bersama Komandan Agus cangkru’an untuk antisipasi kerawanan di depan diler Anugerah. Selang beberapa menit kemudian, kami mencurigai pelaku yang berboncengan tiga menggunakan motor Beat merah  dengan nopol N 6487 WZ, yang berjalan bolak-balik dari utara  ke selatan sebanyak tiga kali,”   terangnya.

Loading...

Lantaran curiga, 15 belas menit kemudian, kedua anggota Buser  tersebut membuntuti pelaku. Pelaku kemudian berhenti di toko Autoban di Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Jati, Kecamatan   Mayangan. Ketiga pelaku didapati tengah duduk di depan toko  tersebut. Tak lama kemudian, dua diantara ketiga pelaku, merusak  pagar dan hendak membawa motor yang diparkir. Sementara  seorang pelaku lainnya siaga di atas motornya.

 “Salah satu dari mereka sepertinya tahu kalau sedang kita awasi. Diduga, mereka juga mengenal kita karena itu mereka akhirnya melarikan diri. Saat kabur, kita sempat mengeluarkan tembakan peringatan. Namun, pelaku dengan berboncengan tiga tancap  gas ke selatan,” jelasnya.

Pelaku melarikan diri ke Jalan Pahlawan, kemudian berbelok  ke kiri ke Jalan Cokroaminoto.  Pelaku terus memacu motornya  ke selatan hingga masuk Jalan  Mastrip. Karena kondisi lalu lintas  sepi, Brigpol Candra kembali melepaskan tembakan.

Kali ini  mengarah ke pelaku.  Beberapa tembakan diduga mengenai sasaran. Pasalnya, ada percikan darah yang tercecer di  jalan yang dilalui pelaku. “Tembakan dilakukan dengan menggunakan tangan kiri. Sebab tangan  kanan saya memegang gas. Sedangkan komandan Agus tidak bisa menembak karena pakai  motor kopling. Namun, dia berhasil mendekati pelaku dan memepetnya,” tegasnya.

Karena dipepet, pelaku yang  berada di tengah kemudian mengeluarkan celurit dan menyabetkannya ke Agus. Melihat  tangannya berdarah, Agus  langsung menghentikan laju  motornya, tepat di depan SMK Negeri 1. Saat itu pelaku belok  ke kanan ke Jalan Bengawan Solo.

“Ketika komandan Agus dibacok, dia sempat melakukan tembakan hingga pelurunya habis.  Lantaran darah yang keluar cukup  banyak, dia berhenti di depan   SMKN 1. Saya disuruh tetap mengejar pelaku,” tuturnya.

Memasuki Jalan Bengawan Solo, motor pelaku oleng ke kanan  dan ke kiri. Diduga akibat tembakan petugas. Pada akhirnya,  motor tersebut roboh ke kiri.  Ke tiga pelaku kemudian meninggalkan motor tersebut dan  lari menuju sawah.

Tak berhenti di sana. Ketiga  pelaku yang terjatuh langsung melarikan diri ke area persawahan di jalan tersebut. “Saya berhenti untuk menghubungi anggota lainnya dan menceritakan  kondisi lapangan. Serta untuk  mengisi amunisi,” tambahnya.

Tak lama, anggota yang datang  membantu langsung melakukan  penyisiran. Penyisiran dibantu oleh anjing pelacak mengingat ada bercak darah yang tercecer  di batu dan tanah. Pada saat melakukan penyisiran itu, polisi  menemukan sebilah celurit yang  digunakan pelaku.

Kapolres Probolinggo Kota  AKBP Alfian Nurrizal mengatakan, satu dari tiga pelaku sudah  diketahui identitasnya. Pelaku tersebut merupakan residivis kasus pencurian hewan (curwan).  Selanjutnya, pihaknya akan  melakukan penyelidikan lebih dalam guna menangkap para  pelaku itu.

“Kita masih menyelidiki  kasus ini,” tegasnya.  Polisi mengamankan barang  bukti dari peristiwa tersebut, di antaranya motor Honda warna putih merah nopol N 6487 WZ,  celurit, sandal milik pelaku, serta  kunci gembok pagar yang dibobol  oleh pelaku. (radar)

Incoming search terms:

  • anggota tim buser polres probolinggo kota
  • buser polres probolibggo kota