Browse By

Akun FB Wali Kota Pasuruan Dibajak

Wali Kota Setiyono menyampaikan klarifikasi lewat akun FB-nya.

PANGGUNGREJO-Akun Facebook (FB) Wali Kota Pasuruan, Setiyono kena bajak. Dalam akun tersebut, pihak yang mengatasnamakan dirinya sebagai Wali Kota Setiyono itu meminta agar dikirimi pulsa. Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo menyebutkan, dalam akun FB milik  wali kota tersebut, diketahui, orang tersebut meminta untuk diisikan pulsa ke nomor tamu dengan dalih sedang ada urusan penting.

Sehingga, tidak bisa keluar dan M-Banking sedang bermasalah. Pembajak juga menjanjikan akan mengganti uang pulsa dengan dilebihkan.  Kabag Protokol Pemkot Pasuruan, Edi Respati saat dikonfirmasi memastikan, jika ada akun FB yang mengatas namakan wali kota minta pulsa adalah tidak benar. Akun  FB disebutkan telah dibajak oleh seseorang.

“Saya pastikan itu dibajak. Tidak mungkinlah jika Pak Wali Kota meminta pulsa. Apalagi dengan dalih sedang ada urusan penting. Kan, masih ada ajudannya yang bisa dimintai  tolong,”katanya.  Didik –sapaan akrab Edi Respati-mengaku, bagian Protokol Pemkot sudah menerima  banyak keluhan serupa.

Terakhir, ia menerima keluhan dari Kepala Dinkes, Bambang Pramono yang mengaku FB sudah dibajak dengan dalih program jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas). Karena itu, ia meminta kepada warga Kota Pasuruan untuk lebih berhati-hati dan tidak mudah percaya.

Loading...

Menurutnya, jika ditemukan adanya indikasi yang janggal dengan mengatasnamakan pejabat di lingkungan Pemkot melalui akun medsos, warga dapat  mengkonfirmasi terlebih dahulu.  “Saya imbau agar warga berhati-hati. Sebab, banyak pihak tidak bertanggung jawab. Warga  bisa menanyakan pada bagian Protokol jika  menemukan hal tersebut,”terang Didik.

Sementara itu, wali kota Setiyono sendiri  sudah melakukan klarifikasi adanya pembajakan akun FB-nya. Klarifikasi itu  disampaikan juga di akun FB-nya yang diunggah Jumat (21/7) pukul 21.16.  “Beberapa hari terakhir banyak sekali laporan yang masuk ke Facebook pribadi saya yang mengatasnamakan akun pribadi saya sendiri. Dan, yang paling membuat  saya pribadi kecewa adalah memanfaatkan akun saya (dalam artian nama akun yang  sama persis, yakni Setiyono, dengan foto  yang sama pula) untuk kepentingan tidak baik, bahkan di luar kemanusiaan,” begitu  kutipan komentar wali kota.

 “Sekali lagi saya tegaskan bahwa untuk semua masyarakat, jangan mudah tertipu atau terjebak dengan pesan atau chat atau  inbox yang dikirim ke akun anda pribadi  yang mengatasnamakan saya. Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT,” tambahnya di bagian lain. (radar)