Browse By

Boiler Meledak, Gudang Pabrik Kayu Terbakar

UD Rimba Alam Leces Industri, di Jalan Raya Lumajang, Desa Malasan Kulon, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, yang gudangnya terbakar kemarin.

 LECES – Sebuah gudang kayu milik di UD Rimba Alam Leces Industri,  di Desa Malasan Kulon, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, terbakar. Kemarin, kebakaran itu diduga akibat mesin boiler yang meledak. Syukur, tak ada korban jiwa dalam kejadian ini.  

Kapolsek Leces AKP Sugeng Wikhanto mengatakan, kebakaran  itu terjadi sekitar pukul 04.00 WIB.  Saat itu, di dalam gudang hanya seorang pegawai yang bekerja  dibagian industri, Sutrisno. “Sutrisno  ini juga sebagai saksi kejadian dini  hari itu,” ujarnya.

Menurutnya, Sutrisno yang sedang  berjaga lokasi kejadian mengaku  kaget mendengar suara ledakan di mesin boiler atau mesin pembakar kayu. Apalagi, letak mesin ini hanya sekitar 50 meter dari posisi Sutrisno.  “Mendengar suara itu (ledakan), dia (Sutrisno) langsung mendekati  sumber suara untuk memastikan  apa yang meledak. Ternyata, benar  mesin boiler,” ujar Sugeng.  

Karena api mulai mengganas. Sugeng  mengatakan, Sutrisno langsung keluar gudang meminta bantuan. Sekitar 30 menit kemudian, sejumlah mobil pemadam kebakaran (damkar) datang  untuk membantu memadamkan api. 

Loading...

Sedikitnya, ada 7 damkar yang datang  ke lokasi berusaha menjinakkan si  jago merah. Sekitar pukul 09.30 WIB, api berhasil dijinakkan. Proses pemadaman  api ini memakan waktu cukup lama  karena di titik kebakaran ini banyak  barang yang mudah terbakar.  Terutama, berupa kayu kering.

“Tadi  sempat padam. Namun, tak lama setelah itu api muncul lagi dari  tumpukan kayu,” jelas Sugeng. Disinggung soal kerugian akibat kejadian ini, Sugeng mengaku belum  bisa memastikan. Bahkan, menaksir saja belum. “Dugaan sementara api timbul karena mesin boiler yang  terbakar. Kalau berapa kerugiannya, kami belum bisa menaksirnya,”  ujarnya.  

Kemarin, awak media dilarang masuk ke area pabrik dan atau bertemu dengan penanggung jawab perusahaan. Sehingga, tidak diperoleh konfirmasi dari pihak perusahaan terkait dengan kejadian ini. (radar)