Browse By

Jumlah Pengawas Parkir Belum Ideal

Petugas jukir di Alun-alun Pasuruan menerima uang saat Ramadan lalu.

GADINGREJO-Jumlah pengawas parkir di Kota Pasuruan masih  belum ideal. Saat ini, Pemkot Pasuruan hanya memiliki 4 orang  yang bertugas sebagai pengawas juru parkir. Namun, untuk menambah jumlah pengawas, pemkot berencana untuk melakukan evaluasi terlebih dahulu.

Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pasuruan Wahid Yulianto mengatakan, jumlah pengawas parkir di Kota Pasuruan sebanyak 4  orang. “Jumlah pengawas parkir  masih belum ideal. Saat ini, kami  hanya memiliki 4 petugas yang  berfungsi untuk mengawasi 113  petugas parkir,” katanya.

Wahid menjelaskan, minimnya pengawas yang tersedia membuat  pengawasan menjadi kurang optimal. Saat ada keluhan dari warga tentang  adanya pungutan liar (pungli) yang   dilakukan oknum jukir tertentu, Dishub kerap kesulitan menemukannya  karena keterbatasan personel.

“Pengawasan yang kami lakukan pada jukir-jukir jadi kurang  optimal. Kami jadi tidak bisa  mengawasi mereka dalam waktu 24 jam,” terang Wahid. Menurutnya, Dishub memang berencana menambah jumlah personel  untuk pengawas. Namun, upaya ini  tidak bisa serta merta diwujudkan.

Loading...

Ada sejumlah prosedur yang harus dilakukan terlebih dahulu. Seperti, evaluasi pada keberadaan pengawas parkir yang tersedia saat ini. “Jika dalam evaluasi nantinya diketahui perlunya penambahan jumlah pengawas, maka akan  segera kami lakukan perekrutan,” tuturnya. (radar)