Browse By

Butuh Uang, Pemuda Ini Nekat Rampas Motor Teman

Ilham dan Rizky, pelaku perampasan motor yang diamankan Polsek Pandaan. Rekan keduanya, Bd, hingga kini masih buron.

Dua Pelaku Dibekuk, Satu Buron

PANDAAN – Hampir satu bulan bersembunyi, dua pemuda pelaku perampasan motor, berhasil ditangkap petugas Polsek Pandaan,  Minggu (17/7). Keduanya, yaitu  Ilham Agung Prasetya, 20 dan Rizqi Ananto, 20, warga Dusun Krajan, Desa Candi Binangun,  Kecamatan Sukorejo.

”Baik Ilham maupun Rizqi, diamankan di tempat yang sama. Mereka diamankan di rumah rekannya di Desa Karangjati, Kecamatan Pandaan, sekitar pukul 16.30,” terang Kanitreskrim Polsek Pandaan Iptu Agus Purnomo.

Kanitreskrim menjelaskan, perampasan motor oleh kedua pelaku terjadi hampir satu bulan lalu. Yaitu, Kamis malam, 22 Juni. Sementara korbannya Septian Febrianto, 23, warga Tambakrejo, Desa Tanjungarum, Kecamatan Sukorejo.

Loading...

Perampasan itu menurut Kanitreskrim, sudah direncanakan sebelumnya oleh kedua pelaku. Penyebabnya, kedua pelaku kepepet sedang membutuhkan  uang. Kedua pelaku mengajak korban bertemu di tepi jalan di Dusun Lebaksari, Desa Karang jati, Pandaan.

Lalu, Bd, rekan pelaku yang lain, kebagian menemani korban di lokasi janjian.  Pada waktu yang sudah ditentukan, korban datang ditemani  Bd. Korban datang dengan mengendarai motor Suzuki Satria  nopol N 5040 TAQ. Tak lama kemudian, pelaku Ilham dan  Rizky datang.

Saat itulah, Ilham  merampas motor korban. Ilham bahkan mengancam korban dengan senjata tajam (sajam).  Rizky dan Bd yang ada di lokasi  lantas berpura-pura membela korban. Ilham kemudian kabur dengan motor korban.

Rizky dan  Bd kembali bersandiwara. Pada  korban, mereka berjanji mengejar Ilham untuk mengambil motor korban. Alhasil, keduanya juga kabur. Korban pun melaporkan kejadian itu ke Polsek Pandaan. Adapun motor korban, dijual oleh pelaku Rizky senilai Rp 1 juta. Uang itu lantas mereka  pakai bertiga.

“Kini, kedua pelaku dijerat pasal 365 sub 368 KUHP dengan  ancaman maksimal tujuh tahun  penjara,” tuturnya. (radar)