Browse By

1.532 Bangku Masih Kosong

Ilustrasi

PPDB di SMA-SMK Negeri

PROBOLINGGO – Pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk jenjang SMA sederajat untuk sekolah negeri telah ditutup. Hasilnya, sebanyak 1.532 bangku SMAN dan SMKN di wilayah Kota/ Kabupaten Probolinggo masih kosong.

Rinciannya, untuk SMAN ada 608 bangku   kosong. Sementara, SMKN ada  924 bangku kosong.  Data itu terkumpul di Kacabdin SLTA Probolinggo usai menyampaikan pengumuman tes PPDB, kemarin. Sri Yuliasih, kepala  Cabang Dinas Sekolah Lanjutan  Tingkat Atas Probolinggo mengatakan, banyaknya bangku  kosong yang masih tersedia bukan berarti banyak sekolah negeri  di kabupaten/kota Probolinggo kurang diminati oleh para peserta  didik.

Menurutnya, hal tersebut lebih disebabkan peserta didik yang telah memiliki pilihan terlebih dahulu. “Bukan kurang diminatiya, tapi ini merupakan pilihan  para sisiwa yang akan melakukan  sekolah lanjut. Kan mereka bebas memilih mau sekolah dimana,” ujarnya, kemarin (15/7).

Loading...

Namun, meskipun masih ada  ratusan kursi kosong, tahun ini jumlah pendaftar SMA dan SMK  negeri lebih banyak dibandingkan  tahun lalu. Di lembaga SMAN wilayah kabupaten dan kota  disebutkan mengalami peningkatan sebanyak 200 siswa. Sedangkan di lembaga SMKN,  mengalami peningkatan sebanyak  250 hingga 300 siswa.

Dari data Kacabdin Probolinggo, untuk lembaga SMKN di Kabupaten Probolinggo dari batas pagu sebesar 2.799, yang terisi hanya sekitar 2.217. Dengan begitu, 582 bangku masih kosong.  Sementara untuk SMKN di kota, dari batas 2.160 bangku, yang  terisi 1.818. Artinya, masih kurang  342.

Dengan begitu, total untuk SMKN Kabupaten/Kota yang masih kosong ada sekitar 835  bangku. Sedangkan, untuk yang SMA untuk Kabupaten dari batas 2.892  bangku yang terisi 2.357. Atau,  kurang 535. Untuk SMAN di Kota,  dari batas 900 pagu, yang terisi  827 bangku. Atau, masih kurang  73. (radar