Browse By

Bupati-Wali Kota Terima Penghargaan Bidang Koperasi

Presiden Joko Widodo menyematkan lencana pada Bupati Irsyad

MAKASSAR – Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf dan Wali Kota Pasuruan Setiyono menerima penghargaan di bidang koperasi di Makassar, kemarin (12/7). Penghargaan yang diberikan dalam rangka Hari Koperasi itu, untuk mengapresiasi  kepedulian keduanya sebagai kepala daerah dalam mengentaskan kemiskinan dengan mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Bupati Irsyad Yusuf menerima penghargaan berupa Anugerah Satyalencana Pembangunan bidang Koperasi 2017 dari Presiden Joko Widodo. Ia menerima penghargaan itu bersama 8 kepala daerah lainnya se-Indonesia.

Wali Kota Setiyono terima penghargaan dari Menkop UKM Puspayoga.

Henis Widiyanto, kepala Dinas  Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Pasuruan mengatakan,  selama ini bupati yang akrab  disapa Gus Irsyad itu peduli ter hadap perkembangan UMKM di daerahnya. Bahkan, perkembangan UMKM di Kabupaten Pasuruan bisa menekan angka pengangguran.

“Anugerah ini diberikan ke  kepala daerah yang memiliki  keseriusan dan concern dengan UMKM. Dimana Bupati Pasuruan memang memiliki fokus serius di bidang UMKM dan juga koperasi,” ungkapnya.  Sejumlah program serius yang  sudah dilakukan pemkab diantaranya, Pusat Strategi dan Pelayanan Ekonomi Maslahat (Satrya  Emas).

Loading...

Dimana, setiap tahunnya program tersebut memberikan dukungan permodalan, pendampingan, bantuan hibah, maupun  bimbingan dari sisi bisnis. Sehari sebelumnya, yakni Selasa (11/7), Wali Kota Setiyono  juga memperoleh penghargaan atau Tanda Jasa Bakti Koperasi  dan Usaha Kecil Menengah  (UKM) tingkat nasional dari pemerintah pusat.

Penghargaan diserahkan Menteri Koperasi dan UKM Anak  Agung Gede Ngurah Puspayoga di Hotel Karebosi Condotel Makassar. Turut hadir mendampingi  Setiyono, kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Dinkop dan UKM) Siti  Amini dan Kabag Perekonomian Sugiarti.

Siti Amini mengatakan, pemberian penghargaan tersebut dikarenakan Setiyono dinilai telah berperan aktif dalam menyukseskan pembinaan dan  pengembangan koperasi di Kota Pasuruan. Selain itu, ia dianggap mampu memberdayakan pelaku UMKM.

“Pak Wali dipandang mampu  menjadi motor penggerak dalam  pengembangan koperasi dan  UMKM yang merupakan sektor  penggerak perekonomian rakyat,” katanya.  Amini menjelaskan, penghargaan ini tidak lepas dari dukungan  segenap lapisan.

Mulai dari pemkot, pemilik koperasi, dan pelaku UMKM, serta masyarakat  Kota Pasuruan.  Ia menjelaskan penghargaan ini tidak lantas membuat pemkot berpuas diri. Namun, akan dijadikan motivasi untuk terus memajukan koperasi dan UMKM  di Kota Pasuruan.

“Penghargaan ini merupakan yang pertama kalinya. Namun, kami akan berupaya untuk terus meningkatkan kemajuan koperasi dan  UMK di Kota Pasuruan,” terang  Amini. (radar)