Browse By

Jabatan 8 Kades Berakhir

Pilkades Tunggu Petunjuk Gubernur

KRAKSAAN – Tahun ini ada 8  desa di Kabupaten Probolinggo  yang masa bakti kepala desanya berakhir. Namun, sejauh ini  Pemkab setempat belum bisa  menggelar pemilihan kepala  desa (pilkades) serentak. Sebab,  masih harus menunggu petunjuk   Gubernur Jatim.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto mengatakan, rencananya Pilkades serentak akan digelar tahun ini. Namun, pihaknya masih menunggu petunjuk dari Pemprov Jatim, apakah Pilkades digelar tahun ini  atau ditunda sampai usai Pilkada  2018. Sebab, bulan depan tahapan persiapan Pilkada sudah mulai.

Loading...

“Kami sudah komunikasi dengan Pemprov Jatim. Tapi, menindaklanjuti komunikasi itu kami akan mengirim surat meminta  petunjuk ke Gubernur soal Pilkades serentak gelombang ketiga ini,” ujarnya kepada Jawa Pos Radar Bromo, kemarin (11/7).

Heri mengatakan, tahun ini ada 8 kepala desa (kades) yang  berakhir masa jabatannya. Meliputi, Desa Boto, Kecamatan Lumbang; Desa Bulu, Kecamatan Kraksaan; Desa Rondokuning,  Kecamatan Kraksaan; dan Desa  Kerampilan, Kecamatan Besuk.

Serta, Desa Jabungsisir, Kecamatan Paiton; Desa Kedawung, Kecamatan Kuripan; Desa Tarokan, Kecamatan Banyuanyar; dan Desa Kecik, Kecamatan Besuk. “Dari 8 desa itu yang sudah dijabat Pjs (pejabat sementara)  kades baru Desa Bulu dan Desa   Rondokuning, Kecamatan Kraksaan. Sebagian desa lainnya masih  tahap proses,” ujarnya.

Kemarin, Pjs kades Bulu dan kades Rondokuning, Kecamatan Kraksaan resmi dilantik oleh Camat Kraksaan Muhammad Abduh Ramin. Yakni, Sutomo dilantik sebagai Pjs kades Rondo kuning dan Radiyanto sebagai Pjs kades   Bulu.

“Kami berharap para Pjs kades mampu mengemban amanah jabatan itu dengan sebaik-baik nya. Serta, mampu mengawal dan menjalankan roda pemerintahan di desa tersebut,” ujarnya.  Menurut Abduh, Pjs tidak boleh diintervensi oleh siapapun. Sebab, hal ini sudah ditetapkan Bupati  Probolinggo sesuai undang- undangan. “Niati  pengabdian sebagai  ibadah agar bisa bekerja dengan  ikhlas,” ujarnya. (radar)