Browse By

Lulusan SMK Dominasi Pencari Kerja

Pencari kerja dipandu mengisi formulir untuk pengurusan kartu kuning (kartu pencari kerja) di Kantor Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pasuruan, siang kemarin (10/7).

PASURUAN – Masa kelulusan sekolah membuat banyaknya lulusan berburu pekerjaan. Hal itu terlihat dari meningkatnya pencari kerja yang mengurus kartu AK-1 (antar kerja) di Dinas Tenaga Kerja  (Disnaker) Kabupaten Pasuruan.

Peningkatan itu terjadi sejak beberapa bulan terakhir. Bahkan, banyaknya pencari kerja dipastikan meningkat 50 persen dibandingkan dengan hari biasa. Arif Suprapto, pengantar kerja di Disnaker Kabupaten Pasuruan menyebut,  peningkatan pencari kerja memang terjadi.

Hanya saja, dalam setiap harinya jumlah pencari kerja yang melakukan pengurusan kartu kuning, cenderung fluktuatif.  “Dalam sehari, kami bisa melayani 50  hingga 100 pencari kerja,” ungkap Arif. Ia juga menguraikan dari jumlah pencari kerja yang disebutkan itu, sebagian besar diantaranya masih berusia produktif.

Sedangkan untuk jenjang pendidikan terakhir pencari kerja banyak didominasi  oleh lulusan SMK/SMA, yang rata-rata  usianya sekitar 20 tahun. Kondisi itu diperkirakan akan terus berangsur hingga September mendatang.  Untuk mempermudah proses pencarian  informasi kerja, Disnaker Kabupaten Pasuruan  juga telah melakukan sejumlah upaya.

Loading...

Diantaranya ialah memberikan konseling terkait dengan kualifikasi pencari kerja dengan  tipikal pekerjaan yang di inginkan.  “Pada prinsipnya, kami memberikan penjelasan mana-mana perusahaan yang  paling pas dengan skill mereka, mana-mana perusahaan yang ada lowongan kerja  dan memfasilitasi mereka,” imbuhnya.

Para pencari kerja di usia produktif akan  di arahkan ke perusahaan-perusahaan menengah ke atas yang memang mensyaratkan batas usia tertentu. Sementara untuk mereka  yang usianya tak memenuhi syarat, akan diarahkan ke sektor informal seperti UMKM  dan sejenisnya. (radar)