Browse By

Gudang Kertas Ludes Dilalap Api

Kondisi gudang yang terbakar

Kerugian Ditaksir Rp 600 Juta

PANDAAN – Ketenangan warga Dusun Jatianom, Desa Karangjati, Kecamatan Pandaan, terganggu Sabtu (8/7) malam. Itu, setelah  si jago merah melalap sebuah  gudang kertas milik Lukas Cahyabuana, warga desa setempat.  Tak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut.

Namun, sang pemilik gudang ditaksir merugi sekitar Rp 600 juta lantaran di gudang kertas itu selain berisi afalan juga ada dua buah truk dan forklift. “Semua isi di gudang, termasuk 2 truk dan forklift ikut terbakar. Tak sempat diselamatkan karena kobaran api cepat membesar,”  aku Lukas sang pemilik gudang ditemui di lokasi kejadian.

Diceritakan Lukas, sebelum  gudang kertasnya dilalap api,   sore harinya penjaga gudangnya sejatinya sempat datang ke gudang.  Seperti biasa, saat itu sang penjaga melakukan kontrol terhadap kondisi gudang.

Loading...

Kala itu, semuanya dilaporkan masih aman.  Nah, selepas magrib, warga di  sekitar gudang kertas tiba-tiba dibuat panik. Sebab, saat itu gudang sudah dalam kondisi dilalap  api. Kondisi barang di dalam  gudang yang mudah terbakar membuat kebakaran kian cepat membesar.

“Saat kebakaran berlangsung,  api diketahui oleh penjaga gudang  sudah menyala di dekat salah  satu truk di dalam gudang. Selanjutnya, api semakin cepat membesar,” jelas Lukas. Tak lama berselang, dua unit mobil pemadam kebakaran dari PT HM Sampoerna dan Pemkab Pasuruan tiba di lokasi kejadian.

Kedua damkar itu pun langsung melakukan pemadaman gudang  kertas beserta barang-barang yang ada di dalamnya. Sekitar pukul 19.30, kobaran api mulai bisa dikendalikan. Pembasahan lokasi tuntas hingga pukul 22.00.

“Butuh waktu lumayan lama untuk pemadamannya. Sebab, isi dalam gudang banyak barang mudah terbakar,”  jelas Lukas. Terpisah, Kanitreskrim Polsek Pandaan Iptu Agus Purnomo menyebutkan, pihaknya masih  melakukan penyelidikan terkait insiden itu. Sampai tadi malam, belum diketahui pasti penyebab kebakaran itu.

“Sementara dugaan penyebab kebakaran gudang kertas ini ada dua hal. Yakni, karena hubungan  arus pendek listrik atau korsleting  atau putung rokok yang diterpa  angin lantas mengenai barang  yang mudah terbakar,” prediksi Agus. (radar)