Browse By

Seksi IV Tol Paspro Segera Dibangun

Pembangunan fisik Tol Paspro di Clarak, Leces sampai pada tahap konstruksi. Saat ini progres pembangunan Tol Paspro seksi I – III mencapai 35 persen

Mulai Gending hingga Leces

LECES – Bulan ini, pembangunan jalan tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) seksi IV akan segera dimulai. Yakni, mulai Kecamatan Leces hingga Gending sepanjang 12,5 Kilometer. Pejabat Pembuat Komitmen (PPK)  Tol Paspro, Kementrian PU dan  Perumahan Rakyat (PU Pera), Agus Minarmo mengungkapkan, secara  keseluruhan ada empat seksi dalam  pembangunan tol Paspro.

Saat ini  di semua seksi, pembebasan lahan  mencapai 95 persen. Targetnya,  dia akhir tahun 2017, proses pembayaran ganti rugi bidang lahan di semua seksi sudah tuntas.  Karena pembebasan lahan yang mencapai 95 persen itu, pembangunan tol Paspro di semua  seksi bisa cepat dilakukan. Meski  demikian, total progres konstruksi  fisik di seksi I sampai III, baru  35 persen.

“Sedangkan untuk pembangunan seksi empat, mulai Leces hingga Gending akan dimulai  bulan Juli sepanjang 12,5 kilometer,” terangnya.  Agus pun mengingatkan pada warga pemilik bidang lahan yang terdampak lahan tol agar menyiapkan segala sesuatunya. Terutama pemberkasan surat-surat tanah  dan surat keterangan ahli waris.

Loading...

“Jadi, tidak ada lagi sengketa di antara para ahli waris seperti yang terjadi saat pembebasan lahan tol di seksi I sampai III,” tuturnya. Agus menyebut, total panjang Tol Paspro seksi I–IV mencapai   31,3 kilometer. “Panjang tol Paspro ini totalnya 31 kilometer lebih. Targetnya, tahun 2018 sudah beroperasi,” imbuhnya.

Sebagai informasi, Tol Paspro merupakan bagian dari tol Trans Jawa yang dicanangkan pemerintah pusat dan melewati tiga daerah sekaligus. Yaitu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo  dan Kota Probolinggo. Untuk wilayah Probolinggo saja, ruas tol ini akan memiliki empat in terchange (simpang susun).

Meliputi simpang susun Tongas di ujung  barat, Muneng, Leces dan simpang  susun Gending di ujung timur. Setelah tol Paspro selesai, akan  di lanjutkan dengan tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi).  “Titik nolnya di Gending terus ke  timur lewat Kraksaan, Paiton, Besuki, Situbondo sampai Banyuwangi,” tambahnya. (radar)