Browse By

Relokasi Pedagang ke Pasar Baru Pasrepan

Bangunan Pasar Baru Pasrepan yang telah rampung.

Diawali dengan Pedagang Ikan

PASREPAN – Setelah 3 tahun “ngampung” di pasar buah, hari ini sebagian pedagang yang direlokasi imbas kebakaran hebat di Pasar Pasrepan pada 2014 lalu, bisa  kembali. Mereka bakal menempati los baru yang pembangunannya dilakukan  secara bertahap sejak 2015 lalu.

Rencana relokasi PKL ke pasar baru Pasrepan itu, diungkapkan Kepala UPT  Pasar Pasrepan Khoirul Anam. Menurutnya, pihaknya telah melakukan sejumlah upaya  agar rencana relokasi itu berjalan mulus. Salah satunya, telah melakukan musyawarah  dengan para pedagang pada Selasa (4/7)  lalu.

“Jadi, untuk pindahan mulai dijadwalkan Jumat siang atau setelah Jumatan. Untuk sementara, di hari pertama pindahan (hari ini), yang pindah adalah pedagang ikan terlebih dahulu,” ungkapnya.  Besok (Sabtu) bakal disusul pedagang kain dan peracangan.

Loading...

Dengan begitu,  pedagang yang saat ini masih berada di  terminal wisata masih memiliki beberapa  hari untuk membersihkan area terminal wisata dan boyongan ke tempat baru. Diketahui, Pasar Pasrepan terbakar  hebat pada 2014 lalu.

Usai kebakaran  itu, pemkab membangun los pasar baru  yang dibangun bertahap sejak 2015 lalu.  Proses pembangunan los pasar setempat  sendiri sudah rampung sejak 2016 lalu.  Namun, area pasar masih akan dilengkapi  pembangunan ruko di area depannya yang belum dilakukan.

Sejatinya, upaya merelokasi para pedagang  di area pasar buah dan terminal wisata sudah diupayakan sejak beberapa waktu  lalu. Namun, beberapa kali tertunda.  Ini, lantaran pihak UPT Pasar Pasrepan menunggu penyekatan di dua los depan  Pasar Pasrepan bisa selesai 100 persen.

“Jadi, lebih baik pindahnya semua sekaligus. Waktu yang pas adalah setelah Lebaran ini,” ungkap Anam. Dari data yang dimiliki UPT, total pedagang  yang direlokasi ke pasar baru itu ada sebanyak 432 pedagang. Pada pedagang yang saat  ini berjualan di terminal wisata juga di  deadline agar Senin pekan depan sudah  boyongan ke Pasar Pasrepan. (radar)