Browse By

Puluhan PNS Absen di Hari Pertama Kerja

PASURUAN – Seperti tahun-tahun sebelumnya, hari pertama masuk kerja usai cuti bersama Lebaran, selalu diwarnai dengan pegawai yang tidak masuk. Entah itu karena alasan sakit, izin karena ada keperluan, cuti, bahkan ada  juga yang nekat bolos.

Seperti yang dilakukan pegawai Pemkab/Pemkot Pasuruan dan Pemkab/  Pemkot Probolinggo.  Di Pemkot Pasuruan misalnya, setidaknya tercatat ada 8 pegawai  yang bolos kerja. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota  Pasuruan Muhammad Fakih mengatakan, jumlah PNS struktural  dan fungsional umum (tidak  termasuk guru) sebanyak 2.312 orang.

Diketahui, 33 orang di antaranya absen kerja. Ia menjelaskan, puluhan PNS yang tidak masuk kerja itu punya  beragam alasan. Rinciannya, 13 PNS sedang cuti melahirkan, 1  PNS izin karena orang tua meninggal, 6 PNS izin sakit, 5 PNS  izin tugas belajar, dan sisanya sebanyak 8 PNS, tidak masuk tanpa keterangan.

Loading...

Fakih–sapaan akrabnya–mengatakan, pemkot akan menelusuri alasan 8 PNS yang bolos  tersebut. Jika mereka beralasan sakit, PNS yang bersangkutan harus menunjukkan surat keterangan dari dokter. Sebaliknya,  jika 8 PNS tersebut diketahui  sengaja membolos, mereka bisa dikenai sanksi disiplin.

Sanksi yang dikenakan nantinya, menunggu keputusan Wali Kota Setiyono selaku Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) Pemkot Pasuruan. “Inspektorat yang akan melakukan klarifikasi pada PNS  tersebut. Kalau mereka tidak bisa  mengemukakan alasan yang jelas, mereka bisa dikenai sanksi disiplin,” terangnya.

Sementara itu, saat hari pertama masuk kerja kemarin, pemkot menggelar acara halalbihalal. Kegiatan yang digelar di GOR  Untung Suropati itu, dipimpin  langsung Setiyono. Pantauan  koran ini, satu per satu ribuan  PNS itu bersalaman dengan Setiyono dan Wakil Wali Kota Raharto Teno Prasetyo.

Di Kabupaten Pasuruan, tercatat  ada 3 PNS yang izin tidak masuk karena sakit. Namun, itu masih  data sementara. Sebab, hingga  pukul 16.30 kemarin, pemkab terus mendata jumlah pegawai nya yang absen di hari pertama  kerja tersebut.

“Dari data yang masuk, ada kurang lebih 3 ASN yan dinyatakan  izin sakit. Namun, masih kita kroscek lagi apakah benar sakit atau tidak,” ungkap Mochammad Nasir,  kepala Badan Kepegawaian dan  Pendidikan dan Pelatihan Dae rah (BKD dan Diklat) setempat.

Kemarin, BKD dan Inspektorat  membentuk tim khusus untuk melakukan sidak ke masing-masing OPD. Pemkab sendiri melarang keras pegawai menambah cuti. Ini, lantaran libur Lebaran  kemarin sudah cukup panjang.  Yakni, 10 hari.

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf sempat memberikan pengarahan  pada ribuan pegawai pemkab  saat acara halalbihalal kemarin. “Setelah libur panjang, kinerja  juga harus dimaksimalkan,” ungkapnya. Dalam kesempatan itu, Gus Irsyad–sapaan akrabnya–juga bersalam-salaman dengan seluruh pegawainya.

Ditanyai apakah ada kendaraan dinas yang dipakai mudik? Irsyad  mengaku mendengar ada laporan  dari media sosial, dimana ada kendaraan dinas yang dipakai  saat libur Lebaran kemarin. “Ya ada laporan di medsos, akan ditindaklanjuti oleh inspektorat. Karena kendaraan dinas dilarang digunakan untuk keperluan pribadi,” ungkapnya. (radar)