Browse By

Pengamanan Wisata Diperketat

PAITON – Sejumlah tempat wisata yang menjadi jujukan wisatawan mendapatkan pengamanan ekstra dari Polres Probolinggo. Sebab, beberapa lokasi wisata terpantau menjadi sasaran kunjungan warga seiring berlangsungnya libur Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

Beberapa lokasi wisata yang menjadi sasaran pengamanan aparat kepolisian. Diantaranya, Gunung Bromo, Kecamatan Sukapura; Air Terjun Madakaripura, Kecamatan Lumbang; Pantai Bentar, Kecamatan Geding; dan Pantai Duta, Kecamatan Paiton.

Kapolres Probolinggo AKBP Arman Asmara Syarifuddin mengatakan, pengerahan aparat kepolisian di sejumlah tempat wisata untuk mengantisipasi berbagai hal yang dapat mengurangi rasa nyaman wisatawan atau warga sekitar. Sebab, semakin ramai tempat wisata, semakin rawan tindak kriminal.

Loading...

“Kami perketat pengamanan di tempat wisata karena meningkatkan pengunjung wisata juga menimbulkan kerawanan kriminal atau keamanan fasilitas wisata itu sendiri. Seperti, rawan copet atau pencurian,” katanya kepada Jawa Pos Radar Bromo, kemarin.

Beberapa hal yang diantisipasi oleh aparat kepolisian di antaranya dampak  kemacetan di jalur utama dan alternatif karena serbuan wisatawan. Serta, kemungkinan terjadinya tindak kriminal terhadap wisatawan. Menurut Arman, dalam pengamanan ini semua kesatuan dilibatkan dan dibagi di tempat-tempat khusus. Di tiap tempat wisata, setidaknya ada sekitar 10 personel yang ditempatkan di dalam.

“Mulai dari Sat Sabhara, Sat Binmas, Sat Lantas, Sat polair, Satgas bantuan Operasi Ramadniya. Anggota Mapolsek jajaran juga dilibatkan untuk  pengamanan tempat wisata,” ujarnya.  Arman mengatakan, cara bertindak pelaksanaan pengamanan secara menyeluruh dan tidak hanya sebatas patroli.

Seperti, Satpolair juga siaga dengan kapalnya untuk membantu masyarakat di jalur angkutan laut. Serta, dialogis memberikan imbauan penggunaan pengaman yang sesuai dan siaga tim SAR di wisata  Pantai Duta Paiton. “Jajaran kepolisian khususnya Polres Probolinggo siap mengamankan semua aktivitas masyarakat yang merayakan Lebaran dan liburan,” ujarnya. (radar)