Browse By

Susun Jadwal Rekrutmen Sekda

KRAKSAAN – Pemkab Probolinggo terus berusaha mengisi posisi jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) definitif yang kosong setelah ditinggal Nawi. Kini, tim panitia seleksi (pansel) sudah terbentuk dan tinggal penyusunan jadwal tahapan rekrutmen calon sekda.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah  (BKD) Kabupaten Probolinggo Abdul  Halim mengatakan, pengajuan dibukanya lowongan pencalonan sekda sudah  disetujui Gubernur Jawa Timur. Bahkan,  kini panitia seleksi (pansel) yang terdiri atas 5 orang sudah terbentuk.

Di antaranya,  satu orang dari Pemprov Jatim, satu orang  dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN)  Pusat, dan tiga orang dari perguruan tinggi. “Semoga kekosongan jabatan sekda ini segera terisi. Ini, sekarang masih dalam  proses,” ujarnya.

Loading...

Halim mengatakan, pansel itu nantinya akan menyusun jadwal pencalonan sekda. Pembahasan penyusunan jadwal tahapan  demi tahapan akan dilakukan di kantor Pemkab Probolinggo dan atas rekomendasi bupati. Bila jadwal sudah tersusun, akan  dilaporkan dan menunggu petunjuk Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Laporan penyusunan jadwal pencalonan sekda itu dilaporkan ke KASN. Termasuk,  pansel yang telah terbentuk masuk dalam laporan ke KASN. Nanti menunggu koreksi  atau petunjuk dari KASN,” ujarnya. Biasanya, kata Halim, proses atau tahapan pencalonan sekda itu paling lama dua  bulan setelah disetujui KASN. Tapi,  pihaknya baru bisa menyusun jadwal itu  setelah libur cuti bersama Hari Raya Idul  Fitri.

“Susunan jadwal atau tahapan yang akan dikirim atau diajukan ke KASN atas  persetujuan atau rekomendasi dari Ibu Bupati. Jadi, kepala daerah juga memiliki wewenang menentukan jadwal dan prosesnya,” jelasnya.

Diketahui, posisi sekda definitif Pemkab Probolinggo kosong karena Nawi, meninggal beberapa waktu lalu. Karenanya, Pemkab Probolinggo mengangkat Asy’ari  sebagai pelaksana tugas (Plt). Namun,  kini pemkab berusaha mengisi  Sekda  definitif dengan membuka rekrutmen. (radar)