Browse By

15 Perusahaan Melebihi Deadline

Disnaker akan Laporkan ke Provinsi

MAYANGAN – Sampai kemarin (23/6), tidak ada pengaduan tentang perusahaan di Kota Probolinggo yang tidak membayarkan THR (tunjangan hari raya) pada karyawannya. Namun, ada 15 perusahaan yang membayarkan THR melebihi deadline yang ditentukan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker). Wahono Arifin, kepala Disnaker Kota Probolinggo menegaskan hal itu.

Menurutnya, hingga kemarin belum ada laporan tentang THR yang belum terbayar. “Meski demikian, kami akan melaporkan perusahaan yang terlambat membayar di bawah ketentuan Kemenaker,” ujarnya. Sesuai aturan Kemenaker, menurutnya, THR wajib dibayarkan paling lambat sepekan sebelum hari raya.

Loading...

“Ini, ada sekitar 15 perusahaan yang membayar THR lebih dari ketentuan. Namun, ada juga perusahaan yang membayar tepat waktu. Jadi, akan mendapat penghargaan dari Disnaker Jawa Timur karena membayar THR tepat waktu,” jelasnya.

Agus Rianto, ketua Komisi C DPRD  Kota menegaskan hal serupa. Menurutnya, sampai kemarin tidak ada laporan tentang THR yang belum terbayar di kota.  “Alhamdulillah, sudah dua tahun terakhir ini tidak ada laporan mengenai masalah THR ke Posko THR,” terangnya.

Agus menyebut, tidak adanya pengaduan ini bukan berarti tidak ada masalah sama sekali terkait THR. Bisa jadi,  ada pihak yang ingin melapor. Namun,  tidak tahu harus melapor kemana.  “Bisa juga karena sudah ada kesadaran dari pengusaha tentang kewajiban  membayarkan THR ini,” jelasnya.

Diterangkannya, sudah ada peraturan dari Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) untuk membayarkan THR maksimal H-7 Lebaran. “Jika peraturan ini dilanggar, ada sanksi berat pada pengusaha. Yaitu, membayar denda 5 persen  dari total THR yang wajib dibayarkan,”  terangnya.

Sementara itu, pos satker pengaduan THR di Kabupaten Pasuruan juga belum  menerima laporan tentang perusahaan yang tidak membayar THR pada karyawannya. Selain itu, sampai kemarin ada  79 perusahaan yang melaporkan sudah  membayar THR.

“Data yang kami terima di lapangan,  ada 79 perusahaan yang melapor sudah membayarkan THR pada karyawannya,” terang Sekretaris Disnaker Kabupaten  Pasuruan Agus Hernawan. Rinciannya, membayar sebelum 11 Juni  sebanyak 33 perusahaan dan membayar  antara 11–18 Juni ada 46 perusahaan.

“Untuk perusahaan yang belum bayar THR, kami belum tahu. Silakan melapor ke pos satker pengaduan THR, jika ada   yang belum bayar,” bebernya. (radar)