Browse By

Hujan dan Angin Robohkan Rumah

Rumah milik Mbok Wiro yang roboh usai hujan dan angin pada Rabu (21/6) lalu.

KREJENGAN – Hujan deras disertai angin kencang terjadi di wilayah Kota/Kabupaten Probolinggo, Rabu (21/6) lalu. Bahkan, angin kencang saat hujan itu menghantam sebuah rumah di Desa Jati Urip, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo. Akibatnya,  rumah milik Mbok Wiro, 80, ambruk dan mengalami kerugian sekitar Rp 25 juta.

Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo, saat kejadian, korban Mbok Wiro,  berada dalam rumah yang hanya berukuran  5×8 meter tersebut. Korban sempat terjepit  pada kaki kanannya, saat rumahnya roboh  dengan tiba-tiba. Seluruh perabotan rumahnya sebagian hancur karena tertipa reruntuhan genteng dan material lainnya.  

”Saya ada di dalam, tidak keluar karena hujan deras. Tiba-tiba rumah ambruk. Alhamdulillah, saya masih diberikan selamat oleh Allah,” kata nenek renta yang  hanya tinggal sendiri di rumah gedek tersebut. Mujib, tetangga Mbok Wiro  mengatakan, korban saat ini  masih tinggal bersama anaknya sampai rumah yang roboh selesai diperbaiki.

Sejak dulu, Mbok  Wiro yang menjanda bertahun-tahun ini tinggal sendiri di rumah  kecil berdinding dari anyaman  bambu. Sebab, korban tidak  ingin merepotkan anaknya dengan tinggal bersama ketiga anaknya. ”Semoga saja, rumahnya bisa  segera diperbaiki. Ada perhatian dari pemerintah untuk memberikan bantuan,” harapnya.  

Loading...

Sementara Husni, kepala Desa Jati Urip mengatakan, pihaknya  telah melaporkannya ke pihak  BPBD Kabupaten Probolinggo dan Dinas Sosial (Dinsos) terkait kejadian bencana tersebut.  Hal itu dilakukan agar segera ada perhatian dan bantuan dari pemerintah.  

“Pemerintah desa segera melakukan pembenahan atau membuat rumah korban secepatnya. Sementara korban akan tinggal bersama anak-anaknya sampai rumah selesai diperbaiki,” kata nya.  Terpisah, Kepala BPBD (Badan  Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Probolinggo  Nanang Trijoko Suhartono mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan laporan kejadian rumah  roboh dihantam hujan deras  disertai angin kencang.

Bahkan, tim BPBD langsung ke lokasi kejadian, tidak lama setelah kejadian tersebut. Selanjutnya, pihaknya juga akan menindaklanjuti proses pemberian bantuan pada korban.  “Beruntung korban yang ada di dalam rumah itu tidak kenapa- kenapa. Hanya saja, kakinya  sempat terjepit dan luka ringan,”  katanya. (radar)