Browse By

Dana Insentif Sukwan Cair

BANGIL – Penantian ribuan guru sukarelawan di Pemkot dan Pemkab Kabupaten Pasuruan untuk bisa mendapatkan  insentif dari pemerintah daerah  akhirnya terobati. Baik Pemkot  maupun Pemkab akhirnya
mencairkan miliaran rupiah dan  disambut senyum semringah guru sukarelawan sekolah negeri dan swasta lantaran dicairkan jelang Lebaran.

Di Kabupaten Pasuruan, pen- cairan dilakukan kemarin (22/6). Dana insentif itu akhirnya digulirkan  untuk ribuan guru non-PNS.  Sejumlah guru sukwan itu pun semringah. Mereka bisa tertawa  lebar, setelah mendapatkan kepastian adanya pencairan hak mereka.

“Senang, Mas. Karena kebutuhan menjelang Lebaran kan tinggi. Paling tidak, uang insentif ini untuk tambahan pemenuhan kebutuhan,” ungkap Arifin, salah  satu guru Sukwan asal Pandaan. Kepala Dispendik Kabupaten  Pasuruan Iswahyudi menguraikan,  ada 3.215 guru sukwan yang insentifnya dicairkan untuk sukarelawan yang tersebar di  semua wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Pasuruan.

Loading...

Karenanya, tak salah jika kawasan kompleks Raci dijubeli guru-guru  sukwan yang hendak mendapatkan haknya itu. Pencairan insentif guru sukwan saat ini, merupakan termin pertama tahun 2017. Terhitung mulai Januari hingga Mei yang dilakukan  pergulirannya kemarin.

Besarannya bervariasi. Tergantung  la manya masa mengabdi.  Mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 650 ribu. Total anggaran yang  dikeluarkan Pemkab mencapai  Rp 3,6 miliar. “Jumlah itu akan digulirkan kepada 3.215 guru sukwan pendidikan dasar SD-SMP dan TK,” jelas Iswahyudi.

Sementara itu, di Kota Pasuruan, sejak awal Juni lalu, Dinas  Pendidikan dan Kebudayaan (P  dan K) Kota Pasuruan mulai mencairkan honor mereka. Kabid Tenaga Kependidikan (Tendik) Dinas P dan K Kota Pasuruan Suwono mengatakan, pihaknya sudah mencairkan honor ratusan  GTT/PTT sejak awal Juni.

Total  honor yang di salurkan mencapai Rp. 1.760.100.000 untuk 1.403 GTT/PTT negeri dan swasta. Suwono merinci untuk GTT/ PTT negeri yang dicairkan sebesar Rp. 516,6 juta. Honor ini disalurkan  un tuk 574 GTT/PTT. Setiap GTT/PTT mendapatkan honor sebesar  Rp. 900 ribu untuk triwulan pertama tahun 2017.

Sisanya, sebesar Rp 1.243.500.000  di salurkan kepada 829 GTT/PTT  swasta. Masing-masing GTT/PTT menerima honor sebesar Rp 1,5  juta untuk 5 bulan. “Untuk pencairan  triwulan II bagi GTT/PTT swasta akan dilakukan setelah Lebaran  atau sekitar bulan Juli,” katanya.

Selain mencairkan honor bagi GTT/PTT, Suwono menyebut Dinas  P dan K juga mencairkan honor  bagi guru Taman Pendidikan Quran (TPQ) dan guru Madrasah Diniyah (Madin). Total yang dicairkan sebesar Rp. 1,478 miliar. (radar)