Browse By

Kandang Terbakar, Rugi Rp 100 Juta

Diduga Akibat Korsleting Listrik

KRAKSAAN – Kebakaran kembali terjadi di Probolinggo. Sabtu (13/5), sebuah kandang peternakan ayam petelor di Dusun Krajan, Desa Keboanagung, Kecamatan Kraksaan, ludes terbakar.  Gandon, 43, pemiliknya mengalami kerugian hingga Rp 100 juta akibat kebakaran ini.

Kebakaran sendiri diduga terjadi akibat korsleting listrik atau hubungan arus pendek yang ada di kandang. Sabtu malam (13/5),  sekitar pukul 23.00, warga sekitar  tiba-tiba melihat api yang sudah  membesar dari kandang.  Warga lantas menyampaikan kebakaran itu pada para penjaga kandang peternakan.

Loading...

Tahu ada  kebakaran, para penjaga kandang dengan dibantu warga sekitar menyelamatkan isi kandang. Mereka juga memadamkan api  dengan alat seadanya. Namun naas, api sangat cepat menjalar. Sehingga, kebakaran menghanguskan hampir seluruh kandang.

Kades Kebonagung Widi mengatakan, kebakaran itu berlangsung sangat cepat. Diduga, api cepat berkobar, karena kandang peternakan terbuat dari kayu yang mudah terbakar. ”Untungnya kandang ayam peternakan itu jauh dari pemukiman warga. Jadi, tidak sampai  menjalar ke rumah warga,” katanya kepada Jawa Pos Radar Bromo kemarin.

Kapolres Probolinggo AKBP Arman Asmara Syarifuddin melalui Kasat Reskrim AKP Hariyanto  Rantesalu mengatakan, kebakaran  kandang peternakan ayam itu diduga akibat korsleting listrik.  Percikan aliran listrik menimbulkan api. Kemudian, api dengan mudah menjalar dan membakar kandang peternakan.

”Dugaan sementara, kandang  petenakan ayam itu terbakar akibat hubungan pendek arus  listrik. Karena kondisi kandang peternakan mudah terbakar dan angin kencang, sekejap saja, api membakar hampir semua  kandang peternakan tersebut,”  terangnya.

Hasil olah TKP dikatakan Kasat Reskrim, tidak ada korban akibat  kebakaran kadang peternakan  tersebut. Namun, pemiliknya Gandon yang warga Desa Bulu, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten  Probolinggo ditaksir merugi sekitar Rp 100 juta.

Dilanjutkan Kasat Reskrim,  kandang peternakan milik korban  Gandon ada di dua titik. Di sisi timur dan barat. Namun, yang  terbakar hanya sisi timur.  ”Kerugian yang dialami korban diperkirkan sekitar 100 juta,”  ujarnya. (radar)