Browse By

Pelaku Dimassa, Motor Dibakar

GADING – Aksi pencurian mobil di Desa Condong, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo, dini hari kemarin (12/5)  berhasil digagalkan warga. Satu dari tiga pelaku pencurian, berhasil diamankan dan sempat dimassa. Bahkan, sepeda motor  Honda Megapro nopol W 5639 ZQ milik pelaku, hangus dibakar massa.

Pelaku yang berhasil diamankan adalah Andrianto, 18, warga Dusun Sidorejo, Kecamatan Rowokangkung, Kabupaten Lumajang. Diduga, pelaku Andrianto yang kini dalam pemeriksaan intensif di Mapolsek Gading, merupakan kawanan pelaku pencurian mobil lintas daerah.

Informasi yang dihimpun Jawa  Pos Radar Bromo menyebutkan, peristiwa pencurian itu terjadi sekitar pukul 00.30. Kawanan pelaku itu mengincar mobil  Isuzu Panther nopol N 1421 NQ milik Muhamad Urip, 55, warga  Dusun Krajan, Desa Condong,  Kecamatan Gading.

Loading...

Saat itu mobil korban diparkir di garasi tanpa pagar.  Saat itu, tersangka Andrianto  ber sama dua pelaku lain yang kini masih buron, melintas di depan rumah korban dengan mengendarai dua sepeda motor. Saat melintas di depan garasi mobil Panther itu, ketiga pelaku berhenti.

Tak butuh waktu lama, Andrianto sudah berada di dalam mobil dengan memegang kemudi.  Sedangkan, dua pelaku lainnya,  mendorong mobil keluar garasi sambil mengawasi lokasi. Namun  nahas, aksi pelaku dipergoki  seorang warga.

Saksi Suranto, 59, yang tinggal di depan garasi curiga dengan mobil tersebut.  Sebab, mesin mobil mati namun lampu menyala. Apalagi, mobil tersebut didorong.  Suranto langsung meneriaki  maling. Warga sekitar yang mendengar teriakan Suranto, bergegas keluar rumah.

Mengetahui  aksi pencurian itu dipergoki warga, ketiga pelaku berusaha  melarikan diri.  Jika dua pelaku berhasil kabur mengendarai sepeda motor, tidak demikian dengan Andrianto. Tersangka yang gagal kabur, menjadi bulan-bulanan warga. Tak hanya itu, warga yang geram  juga membakar motor yang di pakai tersangka.

Kapolsek Gading AKP Sugeng mengatakan, aksi warga dengan  menghakimi pelaku dan membakar motor, bentuk spontanitas. ”Pelaku Andrianto saat ini masih  dalam pemeriksaan oleh penyidik. Sejauh ini, pelaku tidak terbuka atas aksi tersebut,” katanya kepada Jawa Pos Radar  Bromo, kemarin.

Sugeng menjelaskan, hasil pemeriksaan sementara, pelaku  Andrianto ini mengaku jika rencana pencurian itu, tidak direncanakan sebelumnya. Pelaku Andrianto mengaku, dirinya bersama dua pelaku lain berniat mencari bibit sengon. Namun,  saat melintas di lokasi kejadian,  kedua temannya itu berhenti dan langsung melancarkan aksinya.

“Pengakuan pelaku, yang membuka pintu mobil korban itu  teman pelaku yang buron. Pelaku Andrianto mengaku tidak  tahu pakai apa membuka pintu mobil itu,” terangnya. Sejauh ini, dikatakan Kapolsek, pihaknya masih menyelidiki dan  memburu dua pelaku lain yang  masih buron. Diduga kuat, para pelaku merupakan kawanan  pelaku curanmor lintas daerah.

“Pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan. Ancaman hukuman maksimal selama 7 tahun  penjara,” tegasnya. (radar)

Incoming search terms:

  • maling mobil probolinggo condong
  • pencuri mobil di Kabupaten Probolinggo Condong
  • pencurian mobil di probolinggo sep 2017