Browse By

Hendak Takziah, Mobil Terguling

PERISTIWA kecelakaan lalu lintas juga terjadi di Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, kemarin (12/5)  sekitar pukul 10.30. Sebuah mobil berpenumpang 20 orang yang hendak takziah  ke rumah kerabatnya, terguling.

Beruntung, tak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut. Namun, sebagian besar penumpang  mengalami luka-luka. Kecelakaan terjadi akibat mobil dengan nopol N 665 UR itu, tak kuat menanjak.  Yakni, saat mobil berada di jalan PUD masuk Desa Negororejo.

Asia harus duduk di kursi roda pascaperawatan luka di pergelangan tangannya. Ia masih shock atas kecelakaan yang menimpa rombongannya.

Saat menanjak itu, mobil yang dikemudikan Kadir Panji, 54, warga RT 01/RW 06, Desa/ Kecamatan Nguling, Kabupaten  Pasuruan, itu mesinnya mati.  “Saat tanjakan itu mesin mati dan kemudian kendaraan yang  saya kemudikan itu mundur dan  jatuh ke jurang,” ujar Kadir. Sopir yang hanya mengalami luka  di pergelangan tangannya ini,  mengaku tidak bisa berbuat apa- apa.

Loading...

“Saya bersyukur penumpang  dan saya selamat,” ujarnya.  Dalam kecelakaan ini, ada sedikitnya 10 korban yang dilarikan ke rumah sakit RSUD Tongas. Tiga di antaranya mengalami luka yang cukup serius. Salah satunya yakni Asmani, 38, warga Desa Curah Tulis, Kecamatan Tongas, yang mengalami patah paha dibagian kanan.

 “Aduh…aduh, kaki saya patah,”  kata Asmani. Sambil menahan  sakit, Asmani mengaku duduk di sebelah pintu dengan anaknya  yang bernama Dewi Khoiriah, 4. “Mesin tiba-tiba mati, lalu kendaraannya mundur. Saat mundur  itu saya tidak tahu apa-apa. Kaki  saya yang kejepit sebelah kiri, patah yang kanan,” ujar Asmani.

Dewi Khoiriah yang kala itu  bersamanya beruntung tidak mengalami luka dan langsung  diperbolehkan untuk pulang.  Sedangkan dua korban dirujuk ke RSUD Mohamad Saleh Kota  Probolinggo. Asmani sendiri rencananya akan dirujuk ke RS  Saiful Anwar, Malang.

Asia, 36, salah satu korban yang  dilarikan ke RSUD dr Mohamad  Saleh mengatakan, usai mengalami mati mesin, mobil mundur  dan menghantam pagar tembok  rumah warga. Sebelum kemudian terguling. “Saya duduk di depan sebelah pintu. Saya sangat takut waktu mobil mundur,”  terangnya.

Warga setempat langsung menolong korban. Warga kemudian  membawa korban ke rumah sakit.  “Yang ada di sini (RSUD dr Mohamad Saleh, Red) luka sobek  tangan sebelah kiri dan Rajuati  mengalami luka sobek di kaki dan sakit di dada,” ujar Asia.

Sementara itu, Kanit Laka Satlantas Polres Probolinggo Ipda Siswandi mengatakan, kendaraan itu bermuatan 12 penumpang  yang melintas dari timur ke barat. Sesampainya di tempat kejadian perkara (TKP) yang  merupakan turunan, pengemudi memasukan gigi dua.

Saat jalan menanjak, sopir tetap menggunakan persneleng dua. Sehingga, kendaraan tersebut tidak mampu naik dan mengalami lepas kendali. “Kendaraan dapat berhenti ketika menabrak pagar tembok rumah warga yang berada di   bahu jalan sebelah kanan atau selatan. Akibatnya, kendaraan  tersebut terguling,” terangnya.

Selain menyebabkan korban luka, kecelakaan itu juga menelan kerugian materi sekitar Rp 500 ribu. Akibat kejadian itu, 12 penumpang mengalami luka-luka. Sembilan di antaranya, harus menjalani rawat jalan. Mereka yakni,  Asia, 33; Ranjuwati, 63; Asmani,  38; Asiyah, 36; Armi, 37; Sunari- yam, 70; Dyah, 55; Musri’ah, 35;  Dwi, 3; Ashanah, 38; Mistunah,  39; dan Heni, 36. Semuanya warga Desa Curahtulis, Kecamatan Tongas. (radar)

Incoming search terms:

  • Kecelakaan lumbang pasuruan
  • tabarakan di kecamatan lumnang