Browse By

PDI-P Mulai Jaring Bacabup-Bacawabup

DRINGU – DPC PDIP Kabupaten Probolinggo mulai menjaring bakal calon kepala daerah dan bakal calon wakil kepala daerah untuk Pilkada 2018 di Kabupaten  Probolinggo. Di samping menunggu pendaftar di kantor  DPC PDIP, mereka juga berjanji akan jemput bola.

Kabiro Hukum DPC PDI-P Kabupaten Probolinggo  Suhud mengatakan, pendaftaran dan pengambilan formulir bakal calon kepala daerah dan bakal calon wakil  kepala daerah ini dapat diambil di kantor DPC PDI-P mulai 11 Mei- 9 Juni 2017.

Bagi yang sudah mengambil, mereka diminta mengembalikannya pada 2-9 Juni 2017. “Kami telah memulai membuka pendaftaran penjaringan secara sah pada hari ini (kemarin),” ujarnya. Pendaftaran ini tak terbatas hanya pada kader partai.  Mereka yang bukan anggota PDIP juga boleh mendaftar. Bahkan, juga terbuka bagi warga luar daerah.

Loading...

Menurut  Suhud, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi pendaftar. Salah satunya satu idiologi dengan partai,  tidak pernah terlibat kasus narkoba, dan agamis. Serta, memiliki visi yang sama dengan PDIP dan memiliki basis  massa yang kuat.

Menurutnya, setelah formulir dikembalikan, akan ada tim kecil yang akan memverifikasi persyaratan pelamar. “Kemudian, akan kami kirim ke DPD PDI-P Jawa Timur.  Selanjutnya, akan diseleksi dan di interview oleh DPD sebelum dikirim ke DPP. DPP juga akan melakukan fit  and proper test,” jelasnya.

Suhud mengatakan, penjaringan ini dilakukan secara  terbuka untuk memupuk pendidikan politik warga. Karenanya, siapa saja boleh mendaftar. “Bila tidak ada  calon yang mendaftar, kami diinstruksikan menjemput bola. Yaitu, dengan mendatangi tokoh masyarakat yang  memiliki basis masa yang kuat, nasionalisme, dan memiliki kesamaan visi dengan PDIP,” ujarnya.

Hasil penjaringan bakal calon kepala daerah dan bakal calon wakil kepala daerah itu akan dilaporkan ke DPP  PDIP, selambat-lambatnya 30 Juni 2017. “Kami menargetkan maksimal 5 nama bakal calon,” ujar Ketua  Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Probolinggo, itu. (radar)