Browse By

Mulai Siapkan Jalur Mudik

Polresta Gelar Apel Ops Patuh Semeru

MAYANGAN – Jelang Ramadan, Dinas Perhubungan Kota Probolinggo mulai menyiapkan langkah antisipasi arus mudik  2017. Saat ini, Dishub mulai memetakan  jalur untuk arus mudik. Pemetaan itu dilakukan untuk mengantisipasi titik rawan macet serta titik rawan kecelakaan.

Hal itu seperti diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan Kota Probolinggo Sumadi. “Selain itu, juga harus di siapkan jalur-jalur alternatif sebagai  pengganti jika terjadi kemacetan saat  arus mudik dan arus balik,” katanya. Salah satu titik macet di tengah kota  yang perlu diantisipasi adalah kawasan  Pasar Baru. Sehingga, perlu disiapkan jalur alternatif seperti Jalan Suroyo.

Loading...

“Jika nanti saat arus mudik di Panglima  Sudirman terutama Pasar Baru macet,  maka sebagian kendaraan akan dibuang ke Suroyo sampai berputar lewat alun-alun,” ujarnya.  Sedangkan untuk titik rawan kecelakaan,  Dishub memantau ada di Jalan Soekarno Hatta. Terutama di Sekitar Kelurahan  Pilang karena jalan tersebut masih sering  dilalui oleh kendaraan truk.

“Kendaraan truk itu bisa masuk lewat  Soekarno-Hatta sampai perempatan Pilang. Sementara disepanjang jalan sana  banyak permukiman dan arus kendaraan  masyarakat juga banyak. Makanya, termasuk titik rawan kecelakaan,” ujarnya.

Mantan Camat Mayangan ini mengungkapkan bahwa kendaraan truk dan bus yang masuk ke Soekarno-Hatta akan dilewatkan melalui JLU ataupun Jalan Brantas sehingga tidak masuk ke wilayah Kota Probolinggo. Sementara itu, kemarin Polres Probolinggo  Kota juga menggelar apel Operasi Patuh  Semeru 2017.

Gelar pasukan Ops Semeru  itu untuk memberikan eduaksi untuk keselamatan pengguna lalu lintas.  Gelar pasukan di depan Mabepolresta kemarin (9/5) pagi, diikuti oleh anggota TNI-Polri, Dishub, Pol PP, Kejaksaan,  Pengadilan Negeri (PN). Wali Kota Probolinggo Rukmini ikut hadir dalam  kesempatan itu.

Ops Patuh Semeru 2017 sendiri digelar selama 14 hari. Terhitung mulai tanggal  09 Mei Hingga 22 mei mendatang. “Dalam  oprasi patuh itu, sasaranya semua pengendara yang melanggar aturan berlalu  lintas,” ujar Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurrizal. (radar)

Incoming search terms:

  • kepala dinas perhubungan kota probolinggo