Browse By

Dua Jam, Tilang 16 Kendaraan Pariwisata

PANDAAN – Sejumlah insiden kecelakaan maut yang melibatkan kendaraan pariwisata di Jawa Barat beberapa waktu lalu, jadi perhatian  sejumlah pihak. Kemarin (9/5), petugas gabungan dari kepolisian dan Dishub menggelar operasi  penertiban kendaraan pariwisata  di Pandaan.

Razia itu digelar di dua titik strategis.  Yakni, di pintu keluar Tol Gempol- Pandaan (Gempan), di Taman Dayu, dan di dalam areal  parkir wisata Masjid Cheng Hoo, Pandaan.  Dalam razia yang digelar sekitar dua jam itu, sedikitnya 38 kendaraan pariwisata diperiksa.

Hasilnya,  sebanyak 16 pengendara di antaranya kena tilang karena melakukan sejumlah pelanggaran surat-surat dan  pelanggaran teknis lainnya. “Sasaran utama kami, bus dan mikrobus pariwisata yang melintas di jalan nasional jurusan Surabaya – Malang serta sebaliknya,” jelas Moch Chisjqiel, kasi Pengendalian dan Operasi pada  Dishub Provinsi Jatim.

Loading...

Dalam razia itu, petugas gabungan melakukan pengecekan menyeluruh kepada sejumlah perlengkapan kendaraan pariwisata. Mulai sistem pengereman, spidometer, safety belt, martil, apar, kualitas dan tekanan ban, sampai  surat-surat kelaikan kendaraan.

Hasilnya, dari 16 kendaraan yang kena tilang, 15 di antaranya merupakan bus pariwisata. Sedangkan,  satu lainnya merupakan mikrobus. “Pelanggaran paling banyak kami  temukan izin trayek mati. Sisanya  mati uji dan terkait teknis kendaraan,” jelas Chisjqiel.

Secara terpisah, Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Jatim AKBP  Eva Guna Pandia mengatakan,  razia kemarin merupakan agenda  penting untuk di lakukan secara rutin di lapangan. (radar)