Browse By

Usai Ditempati Karnaval Inbox, Alun-alun Kraksaan Langsung Diperbaiki

KRAKSAAN – Dua hari ditempati Karnaval Inbox SCTV membuat kondisi Alun-alun Kota Kraksaan, butuh perhatian lebih  dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Sebab, rumput alun-alun yang sebelumnya hijau, kini kering. Sejumlah taman juga  perlu diperbaiki. Karenanya, usai acara DLH langsung memperbaikinya.

Dari pantauan Jawa Pos Radar  Bromo, kerusakan yang terjadi di Alun-alun Kraksaan, pada sejumlah tanaman di alun-alun.  Kemudian, rumput sebagian  besar di halaman alun-alun langsung mengering dan mati karena  injakan penontot yang membeludak di alun-alun. Bahkan, sebagian rumput diperkirakan tidak bisa hidup lagi dan harus diganti dengan rumput baru.

Kepala DLH Kabupaten Probolinggo Rachmad Waluyo melalui  Kabid Pemeliharaan Lingkungan hidup Zaenal Anshori tidak  menampik adanya kerusakan  sejumlah tanaman dan rumput Alun-alun Kraksaan. Mengingat,  pengunjung yang datang ke acara  Inbox itu, pada Sabtu-Minggu (6-7/5), membeludak.

Loading...

“Sebenarnya sudah ada petugas dari Lingkungan Hidup untuk menjaga  taman saat acara musik. Tapi, karena terlalu banyaknya penonton, akhirnya tidak bisa menghalau  menyeluruh,” katanya. Zaenal menjelaskan, menindaklanjuti kerusakan taman Alun- alun Kraksaan, pihaknya langsung menurunkan 15 petugas taman.

Mereka kini melakukan pengembuan lahan yang akan kembali ditanami tanaman. Termasuk, menyiram rumput Alun-alun. Harapannya, rumput yang terinjak-injak ribuan penonton itu  kembali hijau.  “Sekarang kami siram. Nantinya,  kalau ada sebagian rumput yang tidak bisa menghijau atau tetap mengering, maka akan diganti  rumput baru,” ujar Zainal.

Kemarin, Plt Sekda Pemkab Probolinggo  Asyari didampingi para asisten  dan sejumlah kepala satuan kerja
pemerintah daerah (SKPD)  terkait, mengecek kondisi alun-  alun. Kepala Diskominfo Kabupaten Tutug Edi Utomo mengatakan,  setelah acara yang begitu meriah  dan sukses di Alun-alun Kraksaan,  pihaknya berusaha cepet memastikan kondisi taman alun-alun. Katanya, setelah dicek, kerusakannya hanya sedikit dan hanya di  bagian tengah alun-alun.

“Alhamdulillah, Dinas Lingkungan Hidup langsung bergerak memperbaiki  taman atau rumput yang rusak. Jadi, semua bisa langsung di tangani,” ujarnya. (radar)