Browse By

Usulkan 1.500 Asuransi Nelayan

BANGIL – Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan kembali mengusulkan asuransi nelayan pada tahun ini. Ada 1.500 kuota yang diusulkan oleh pemerintah  daerah setempat. Usulan itu untuk memberi kesempatan pada nelayan setempat yang belum mendapat jatah asuransi tahun lalu.

Tahun lalu, antusiasme nelayan untuk mendapatkan  asuransi cukup tinggi. Tercatat ada 6.086 nelayan yang terdaftar, sampai ditutup pertengahan Desember. Sementara, jumlah nelayan di Kabupaten Pasuruan mencapai 8.500 orang. Karenanya, ada 2.414 nelayan yang  belum ter-cover program tersebut.

“Karena tahun lalu yang ter-cover asuransi nelayan  sudah cukup tinggi.   Maka sisa yang belum ter-cover memang lebih sedikit,”  ungkap Alamsyah Supriadi,  kepala Bidang Kenelayanan pada Dinas Perikanan setempat.

Loading...

Usulan ini sudah disampaikan  pada April lalu. Namun, Alamsyah tidak mengusulkan kuota asuransi sebanyak 2.414 orang. Melainkan,  hanya 1.500 asuransi saja. Alasannya, usulan 1.500 kuota itu,  setelah dikurangi nelayan yang   usianya lebih dari 65 tahun. Termasuk nelayan yang masih menggunakan alat tangkap terlarang.

“Sehingga, kurang lebih kebutuhan masih kurang 1.500 asuransi nelayan. Namun, berapa kuota yang akan diberikan,  memang tergantung dari pusat. Dan, sampai saat ini kami masih menungu kabar lebih lanjut  mengenai kuota di daerah,” jelasnya. (radar)