Browse By

Penghapusan Cantrang Molor Lagi

MAYANGAN – Dari 126 kapal pengguna alat tangkap jenis cantrang di Kota Probolinggo, sejauh ini sudah ada  100 kapal yang mengajukan perpanjangan Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI). Dalam pengajuan itu, mereka  juga sudah menyatakan siap mengganti alat tangkapnya sesuai dengan undang-undang per 1 Juni 2017.

Namun, kini Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI kembali memperpanjang izin bagi kapal pengguna alat tangkap jenis cantrang sampai akhir 2017. Padahal, sebelumnya perpanjangan izin itu hanya diberikan sampai 1 Juni 2017.

“KKP memberikan perpanjangan SIPI untuk kapal  dengan alat tangkap cantrang sampai akhir 2017. Namun, mekanismenya seperti apa masih belum tahu. Belum ada edaran resmi dari KKP,” ujar Kabid Pengembangan Budi Daya Perikanan, Dinas Perikanan Kota Probolinggo, Fitriawati.

Loading...

Menurutnya, sejauh ini belum ada petunjuk resmi terkait perpanjangan SIPI ini. Termasuk, bagaimana dengan pemilik kapal yang telah mengajukan perpanjangan SIPI sampai Juni 2017. Apakah bisa ikut perpanjangan  sampai akhir 2017. “Kita tunggu dulu kepastian mekanismenya seperti apa,” ujarnya.

Per 1 Agustus 2016, di Kota Probolinggo ada 126 kapal pengguna cantrang. Sejauh ini, kata Fitri, sudah lebih  dari 100 kapal yang mengajukan perpanjangan SIPI. Mereka juga sudah menandatangani pakta integritas siap  mengganti alat tangkapnya per 1 Juni 2017. Tapi, untuk alat tangkap pengganti masih belum ditentukan.

“Kami sudah memperkenalkan alat tangkap lain yang lebih aman seperti gill net. Namun, nelayan  belum tertarik. Masih menunggu sampai izin perpanjangannya selesai,” ujarnya. (radar)

Incoming search terms:

  • penghapusan cantrang