Browse By

Longsor, Dua Batu Tutup Jalan

LUMBANG – Akses penghubung antara Desa Pancur dan Desa Kronto, di Kecamatan Lumbang, Kabupaten Pasuruan,  terputus akibat longsor. Pasalnya, material longsor berupa batu dengan diameter  3 meter menutup akses jalan tersebut.

Tak hanya satu, ada dua batu yang jatuh akibat longsor tersebut. Peristiwa itu terjadi pada Kamis (4/5) sekitar pukul 18.00. Longsoran batu itu diduga terjadi lantaran kontur tanah yang lembek.  Ditambah lagi dengan tingginya curah hujan yang terjadi di kawasan tersebut.

Sehingga, tanah tak kuat menahan beban batu, sebelum akhirnya ambrol. Beruntung, tak ada korban dalam  bencana tersebut. Sebab, saat terjadi  longsor, kondisi jalan memang tengah sepi. Lokasi kejadian juga  jauh dari pemukiman warga.

Loading...

Hanya  saja, kondisi itu menyulitkan pengguna jalan yang menggunakan kendaraan roda empat.  Karena lokasi sepi dan rawan, BPBD Kabupaten Pasuruan dan jajaran Muspika Lumbang, baru melakukan evakuasi kemarin  (5/5).

Petugas sempat mengalami kesulitan dalam proses evakuasi  tersebut. Maklum, ukuran batu yang besar serta menutup jalan, sangat sulit untuk dievakuasi. Evakuasi baru berhasil dilakukan, setelah warga setempat yang ahli sebagai pemecah batu, turun tangan.

“Dengan bantuan warga, masing-masing batu akhirnya di pecah menjadi tiga bongkahan untuk memudahkan evakuasi,” terang AKP Mulyono, kapolsek Lumbang. Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan Bakti Djati  Per mana membenarkan jika pe nyebab longsornya batu tersebut, lantaran kontur tanah yang kurang kuat. Ditambah lagi, curah hujan yang kerap terjadi di kawasan tersebut, membuat tebing tak kuat menahan batu yang berada di atasnya.

Proses evakuasi sendiri membutuhkan waktu yang lama. “Hampir selama 7 jam. Memang sempat kesulitan karena batunya besar-besar,” ungkap Bakti. Proses  evakuasi kemudian berakhir pukul 16.00. Akses jalan penghubung dua desa itu, juga telah kembali  dibuka. (radar)