Browse By

Pilang Kelurahan Terbaik Se-Jatim

KADEMANGAN – Untuk pertama kalinya, Kota Probolinggo mendapat penghargaan sebagai kelurahan terbaik dalam hal pengembangan kegotongroyongan. Peraihnya yaitu, Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo.

Kelurahan Pilang mendapat predikat sebagai kelurahan terbaik se-Jawa Timur dalam pengembangan kegotongroyongan. Penghargaan ini diterima Wali Kota Probolinggo Rukmini, Rabu (3/5) di Kabupaten Probolinggo dalam rangka Puncak Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XIV dan  Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG PKK) ke 45 Provinsi Jawa Timur.

“Memang betul, Kota Probolinggo meraih penghargaan untuk kelurahan terbaik se-Jawa Timur. Penghargaan ini diwakili oleh Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan,” ujar Moch Maskur, kepala Dinas Sosial Kota Probolinggo.

Loading...

Menurut Maskur, Kelurahan Pilang mewakili Kota Probolinggo setelah melalui proses seleksi dari tingkat kecamatan sampai tingkat kota. Seleksi ini dilakukan untuk melihat kondisi masyarakat di kelurahan yang telah menerapkan kegotongroyongan.

“Akhirnya, dari 29 kelurahan di lima kecamatan, Kelurahan Pilang yang dinilai paling baik. Kemudian Kelurahan Pilang yang diajukan ke Provinsi Jatim untuk mengikuti lomba kegotongroyongan,” tutur Maskur. Puncaknya, pengumuman pemenang sekaligus  penganugerahan dilakukan saat Puncak Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM). Dan,  Kelurahan Pilang jadi pemenangnya.

Dengan demikian, Kelurahan Pilang berhak mewakili Jawa Timur dalam lomba serupa di tingkat nasional. Penilaian lomba ini didasarkan pada penerapan kegotongroyongan dalam kehidupan bermasyarakat. Kelurahan Pilang dinilai telah memenuhi unsur  kegotongroyongan.

Terutama dalam masalah keamanan, pengolahan lingkungan, serta kekompakan dan kebersamaan masyarakat dalam kegiatan di lingkungan Kelurahan Pilang.  “Selain itu, ada nilai tambah untuk Kelurahan Pilang,  yakni unggul dalam pengelolaan mangrove,” ujarnya. (radar)