Browse By

Pembangunan Jalan Tembus Sukorejo–Batu Ditunda

Tunggu Rampungnya Tol Pandaan – Malang

PANDAAN – Sempat mengalami proses yang stagnan, akhirnya megaproyek pembangunan jalan tembus Sukorejo–Batu,  ditunda. Penundaan dilakukan sampai pembangunan jalan tol Pandaan–Malang, rampung.  Hari Apriyanto, kepada Dinas PU Bina Marga Kabupaten Pasuruan menyebut, penundaan dilakukan sampai batas waktu  yang tidak ditentukan. Intinya, menunggu sampai pembangunan jalan tol Pandaan  Malang, rampung.

“Kuncinya, dilanjutkan atau tidaknya pembangunan jalan tembus Sukorejo–Batu  ini tergantung kondisi setelah di operasikannya  jalan tol Pandaan–Malang. Jika keberadaan jalan tol bisa mengatasi kemacetan lalu  lintas dari Pasuruan ke Batu, cukup dengan jalan tol saja,” tuturnya.

Loading...

Dilanjutkan Hari, penundaan pembangunan jalan tembus Sukorejo–Batu itu  di ketahui setelah rapat di Dinas PU Bina  Marga Pemrov Jawa Timur, pekan lalu. Dalam rapat itu juga disampaikan, keputusan menunda pembangunan jalan sepanjang 33,91 kilometer itu, disebabkan  sejumlah hal.

Di antaranya, masih banyak kendala di lapangan untuk merealisasikan  rencana pembangunannya. Seperti kepastian trace atau jalur. Termasuk  pendanaan pembebasan lahannya. Secara terpisah, Bupati Pasuruan Irsyad  Yusuf merespons baik penundaan pembangunan jalan tembus ini.

Irsyad lebih setuju untuk mengoptimalkan dan mempercepat pembangunan jalan tol Pandaan–Malang. Dengan demikian, Pemkab  Pasuruan bisa menjalankan pembangunan  sesuai fokus dan prioritas yang ada. “Setuju sekali, jika pembangunan jalan  tembus ditunda. Memang perlu dievaluasi  kembali, sebelum direalisasikan. Lebih baik mendahulukan jalan tol dulu, daripada  jalan tembus ini,” imbuhnya.

Pembangunan jalan tembus Sukorejo-Batu  ini, diawali dengan penandatanganan MoU Gubernur Jatim dengan tiga kepala daerah.  Termasuk Kabupaten Pasuruan, pada 25  Januari 2016 di gedung Grahadi Surabaya. Jalan tembus ini nantinya melintas di tiga  daerah. Yaitu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, dan Kota Batu. (radar)

Incoming search terms:

  • jln tembus sukorejo batu
  • berita terbaru tol sukorejo batu
  • jalan tol batu pandaan
  • jalan tol pandaan batu