Browse By

Rusunawa Brantas Disatroni Maling

KADEMANGAN – Seringnya terjadi pencurian di Rusunawa Brantas, Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, membuat sejumlah penghuninya resah. Sebab, maling tak hanya menyasar uang dan  handphone, tapi helm dan sepeda  motor juga diembat.

Seperti terjadi pada Jumat (21/4). Saat itu, duit Rp 8,4 juta milik salah satu penghuni rumah susun ini lenyap. Kebetulan, uang jutaan rupiah itu ditaruh di sepeda motornya. “Sepeda motor itu ditaruh di dekat pos security. Padahal ada CCTV, tapi alasan petugas CCTV-nya rusak. Apa  tidak ada anggaran untuk perawatan CCTV,” ujar salah satu  penghuni rusunawa yang enggan  di sebutkan namanya itu.

Menurutnya, selama ini aksi pencurian di Rusunawa Brantas,  cukup sering terjadi. Maling menyasar sejumlah barang berharga milik warga. Mulai dari handphone, uang, helm, bahkan sepeda motor. Terbaru, terjadi Senin lalu, salah satu warga kehilangan duit Rp 8,4 juta.

Loading...

Mendapati itu, Satpam di Rusunawa Brantas Hermawan membenarkan adanya pencurian  uang itu. Ia juga memastikan, kejadiannya bulan ini, tapi lupa tanggalnya. “Saat itu bukan saya  yang bertugas. Namun, dari keterangan rekan saya uang yang hilang itu Rp 8 juta lebih. Penyebab hilang karena keteledoran pemilik,” ujarnya.

Menurutnya, uang yang hilang itu milik salah satu penghuni  Rusunawa berinisial T, 50. Uang tunai Rp 8 juta lebih itu diikat menggunakan karet dalam bentuk  gulungan tanpa dibungkus. “Uang  itu ditempatkan dalam saku (das bor) sepeda motor. Tidak di bungkus apapun, sehingga  orang-orang bisa langsung tahu kalau itu uang,” ujarnya.

Menurut Hermawan, T telah mengakui keteledorannya. Namun, tetap melaporkan ke Polsek Kademangan dan UPT Rusunawa.  Soal banyaknya laporan kasus  kehilangan di Rusunawa, Hermawan membantah. “Tidak benar. Sudah lama sekali terjadi kasus pencurian. Namun, penghuni sendiri kadang kerap mengabaikan  keamanan barangnya, seperti  helm,” ujarnya.

Sedangkan, Kepala UPT Rusunawa Rumpoko melalui Kasubag  UPT Rusunawa Eka, juga membenarkan adanya pencurian uang milik T. “Pemilik uang itu teledor  karena meletakkan uang di tempat  umum yang notabene penghuni rusunawa sangat banyak. Sebaiknya, disimpan tempat yang terkunci, bukan di tempat yang terbuka,” ujarnya. (radar)

Incoming search terms:

  • foto satpam rusunawa brantas probolinggo