Browse By

Revitalisasi Pasar Mangunharjo Tahun Depan

MAYANGAN – Rencana revitalisasi Pasar Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, terancam mundur. Karena dana APBD yang terbatas, Pasar Mangunharjo tidak bisa direvitalisasi tahun ini. Melainkan, tahun depan.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan, dan Perindustrian (DKUPP) Kota Probolinggo Gatot Wahyudi menyebut, sebagai dinas yang membidangi, pihaknya ingin semua pasar rakyat direvitalisasi. Namun, karena dana yang ter batas, revitalisasi tidak bisa dilakukan sekaligus.

Revitalisasi lebih  diutamakan pada pasar yang menjual bahan kebutuhan pokok. Seperti, Pasar Kronong. “Kemungkinan untuk Pasar Mangunharjo, revitalisasi dilakukan tahun mendatang. Tapi, tetap melihat kondisi yang ada. Sebab, dana  yang ada terbatas. Jadi, revitalisasi diutamakan untuk pasar yang menjual bahan pokok,” terangnya.

Loading...

Di sisi lain, Pemkot Probolinggo ingin semua pasar rakyat dikelola seperti pasar modern. Karena itu, pasar-pasar rakyat pasti akan direvitalisasi. Hanya saja, diberlakukan skala prioritas. Rencana revitalisasi Pasar Mangunharjo disambut baik sejumlah  pedagang di sana.

Seperti Suparyono, 34, warga Kelurahan Mangunharjo yang berjualan burung di pasar tersebut.  Suparyono mengaku mendukung rencana revitalisasi itu, jika untuk  kebaikan pedagang. Yang terpenting  baginya, lahan untuk berjualan tetap ada. Terutama untuk pedagang  yang sudah puluhan tahun berjualan, seperti dirinya.

“Kalau untuk perombakan serta perbaikan, maka kami dukung saja. Apalagi demi kebaikan bersama. Yang penting pengaturanya jelas. Sehingga, pedagang yang ada tidak dirugikan,” terang lelaki tiga anak ini. (radar)