Browse By

Pinjam Duit, Jaminkan Mobil Rental

BUGUL KIDUL – Achmad Saehon, 53, warga Dusun Tampung Baru, Desa Tampung, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan, dibekuk Satreskrim Polres Pasuruan Kota. Ia diduga melakukan tindak pidana penipuan.  Kini, pelaku meringkuk di balik sel Mapolresta  Pasuruan sejak beberapa hari yang lalu.

Kasus itu bermula ketika Saehon meminjam duit Rp 30 juta pada Rizal Abdullah, 44, warga Kelurahan Purworejo, Kecamatan Purworejo,  Kota Pasuruan. Sebagai jaminan, pelaku menyerahkan mobil Toyota Avanza dengan nopol N 337  VR pada korban.

“Keduanya sudah membuat kesepakatan, bahwa uang pinjaman itu akan dikembalikan  pada 10 Mei nanti. Seminggu kemudian, pelaku mengganti mobil jaminan itu dengan mobil lain,”  terang Kasat Reskrim Polres Pasuruan Kota AKP Riyanto.

Loading...

Mobil jaminan pengganti itu, Toyota Avanza dengan nopol N 1149 XE. Alasan pelaku menukar mobil jaminan itu, karena mobil  dengan nopol N 337 VR sudah  laku terjual. Nah, saat itulah permasalahan muncul. Mobil itu,  ternyata bukan milik pelaku. Korban mengetahui hal itu, ketika beberapa pekan setelahnya, ada seseorang  bernama Fauzi, warga Kelurahan  Gentong, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, hendak mengambil mobil tersebut.

Setelah diusut, ternyata mobil terakhir yang dijaminkan oleh pelaku terhadap korban adalah  milik Fauzi. “Mobil itu merupakan mobil sewaan dari rental milik Fauzi,” imbuh pria dengan  tiga setrip di pundaknya itu.  Sebelum ditangkap, penyidik sempat melakukan pemanggilan pada pelaku. Namun, dua kali  dipanggil, pelaku tak mengindahkan. Karenanya, polisi kemudian menangkap pelaku Selasa (25/4) lalu, tepat di depan  Rumah Pemotongan Hewan (RPH), Jalan Ir Juanda, Kelurahan  Blandongan, Kecamatan Bugul  Kidul, Kota Pasuruan.

Kini, pelaku masih menjalani proses penyidikan di Mapolresta Pasuruan. “Pelaku dijerat  dengan Pasal 378 KUHP tentang Penipuan,” tutup Riyanto. Menurut Riyanto, diduga pelaku tak  hanya sekali ini melakukan tindak penipuan. Ada korban lain yang  menurut Riyanto, juga menjadi  sasaran penipuan pelaku.  Hanya saja, dalam kasus ini, nilai kerugian yang diderita korban  cukup besar.

Riyanto juga mengungkapkan adanya orang lain yang bersekongkol dengan pelaku dalam melancarkan aksinya.  Sejauh ini, pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait dengan  dugaan tersebut. (radar)

Incoming search terms:

  • akp riyanto
  • bokep ank smu