Browse By

Oprit Jembatan Digarap, Satu Rumah Belum Dibongkar

Jembatan Pesisir Sempat Terbengkalai

SUMBERASIH – Pelebaran Jembatan Pesisir, Desa Pesisir, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, sudah rampung sejak 2012 lalu. Namun, oprit jembatan yang semula hanya selebar 7 meter  ini, baru digarap tahun ini. Bahkan, sejauh  ini masih ada satu rumah terdampak jembatan ini yang belum dibongkar.

“Kontrakannya sudah dimulai sejak 10  Februari 2017. Kami hanya membangun opritnya,“ ujar Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Balai Besar Pelaksanaan Jalan  Nasional VIII Gempol, Bangil, Pasuruan, Probolinggo, Purnyoto.

Loading...

Purnyoto mengatakan, pembangunan jembatan utamanya sudah di bangun  pada 2012. Tahun ini, pihaknya hanya  melanjutkan pembangunan oprit jembatan.  Menurutnya, pembangunan jembatan ini terbengkalai karena masalah pembebasan tanah terdampak jembatan.

Awalnya, pelebaran jembatan ini akan dilebarkan  ke selatan dan utara. Tapi, karena terkendala  pelintasan kereta api, sehingga hanya  dilebarkan ke sisi se latan. “Di sebelah selatan, pada 2012 kami terkendala dengan  kesiapan tanah,” ujarnya.

Pembebasan tanah itu baru rampung tahun kemarin. Sehingga, pembangunan  oprit jembatan ini baru bisa dilakukan tahun ini. Kini, Purnyoto mengaku masih terkendala dengan salah satu warga yang  masih keberatan masalah tanahnya.

“Masih ada penolakan dari warga terkait  dengan pembebasan lahan. Padahal,  uang ganti ruginya sudah diterima. Kami  akan selesaikan nanti, masih ada satu  rumah yang menjadi kendala. Secara legal sudah dibebaskan,” ujarnya.

Pihaknya berharap warga dengan sukarela bisa secepatnya membongkar sendiri rumahnya. Sehingga, pembangunan oprit  jembatan ini bisa segera rampung dan bisa segera difungsikan. “Kepada masyarakat kami mohon pengertiannya. Yang sudah dibebaskan mohon kesadaran membongkar sendiri bangunan yang telah terkena pelebaran,” ujarnya. (radar)