Browse By

Macet dan Ramai di Long Weekend

PANDAAN – Libur panjang di pekan ini banyak dimanfaatkan untuk berlibur. Alhasil, volume kendaraan di jalan raya meningkat. Begitu juga  dengan tempat hiburan, jumlah  pengunjung meningkat. Padatnya jalan raya seperti yang terpantau di jalur Malang-Surabaya di kawasan Purwosari-Purwodadi.

Di sana, volume kendaraan mengalami peningkatan. Bahkan, menimbulkan kemacetan panjang dari Pandaan hingga Purwodadi.  Kendaraan yang melintas tampak  melaju melambat dan bahkan di sejumlah titik tampat macet panjang.

Tilik saja seperti di akses keluar  dan masuk tol Gempol–Pandaan, depan Taman Dayu, Kecamatan Pandaan. Begitu juga di Karangsono, Kecamatan Sukorejo, yang berlanjut hingga Simpang Empat Sengon agung  dan Simpang Tiga Purwosari.

Loading...

“Volume kendaraan mengalami peningkatan hingga tiga kali lipat dari hari normal bertepatan dengan long weekend. Pagi hingga siang hari volume kendaraannya sangat padat dari Surabaya ke Malang. Giliran sore sampai malam, dari arah Malang ke Surabaya,” terang Kanit Turjawali Satlantas Polres Pasuruan Ipda Gede Sukana.

Kepadatan kendaraan, ia beberkan di dominasi motor roda  dua. Namun, banyak pula roda empat. Untuk kendaraan angkutan barang, serta angkutan umum dan bus pariwisata tidak terlalu menonjol keberadaannya. Kendaraan tersebut mayoritas  punya tujuan ke objek wisata yang ada di sepanjang ruas jalan  nasional ini. Wilayah Kabupaten  Pasuruan, Kabupaten dan Kota  Malang, serta Kota Batu.

“Mayoritas pengguna jalannya dari luar kota yang melintas, seperti Surabaya,  Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, Madura,  dan lain– lain,” jelasnya.  Agar arus lalu lintas tetap lancar,   kepolisian menerjunkan sedikitnya sekitar 70 personel satuan lalu lintas (satlantas).

Baik dari Polres Pasuruan maupun polsek jajaran. Personel ini mengantisipasi kenaikan kendaraan di titik rawan macet.   “Prediksi kami, kondisi semacam ini bakal berlanjut selama dua  hari. Puncaknya hingga hari ini  (24/4),” katanya. (radar)