Browse By

Rem Blong, Bus Pariwisata Sasak 3 Jip

SUKAPURA – Puluhan rombangan wisatawan dari Makassar, Sulawesi Selatan, yang berkunjung ke Gunung Bromo via Kabupaten Probolinggo, terlibat kecelakaan. Kemarin (22/4), bus pariwisata yang mereka tumpangi mengalami rem blong dan menyasak tiga jip di Desa/Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo.

Bus pariwisata bernopol N 7577 UA  itu dikemudikan oleh M. Ali, 30, warga Kabupaten Sidoarjo. Saat itu, sekitar  pukul 11.00 WIB, dengan membawa 36  wisatawan bus itu turun dari kawasan Gunung Bromo. Sekitar 15 meter di sisi  selatan balai Desa Sukapura, bus hijau  ini mengalami rem blong.

Loading...

Dengan kondisi  jalan menurun dari selatan ke utara, bus  ini langsung menyasak tiga jip di depannya.  M. Ali mengaku, setelah turun dari Gunung Bromo, pihaknya akan mengantarkan penumpangnya ke Malang. Namun, ketika  sampai di tempat kejadian perkara (TKP), rem busnya blong.

“Kondisi jalan menurun  dan rem saya (bus) blong,” ujarnya.  Karenanya, sebuah jip kuning yang saat itu parker di tepi jalan menjadi sasaran pertama busnya. Akibat serudukan  bus, jip milik Suliono, 32 warga Desa  Sapih, Kecamatan Lumbang, itu juga  melaju dan menghantam sebuah jip lain yang parkir di depanya.

Ternyata,  jip bernopol P 1319 VA ini juga milik  warga Desa Sapih, Santoso, 25. Akibatnya, dua kendaraan ini ringsek.  Dengan kondisi jalan menurun, rupanya   bus yang dikemudian M. Ali belum juga berhenti. Bus ini terus melaju dan M.   Ali berusaha banting setir ke kanan jalan. Namun, kembali menabrak sebuah jip yang berjarak sekitar 20 meter dari lokasi  pertama.

Di sana, giliran jip milik Nando, 20, warga Desa/Kecamatan Sukapura, yang jadi korban. Jip yang melaju dari utara ini adu moncong dengan bus M. Ali. Bahkan, jip merah ini sempat terdorong mundur sekitar 5 meter dan berhenti setelah menabrak bus pariwisata lain  dengan nopol B 7392 WF yang dikemudikan Herlambang, 49, warga Surabaya.

Tiga pemilik jip itu kompak minta ganti rugi kepada M. Ali. Suliono mengatakan, saat itu dirinya sedang menikmati secangkir kopi di sebuah warung tak jauh dari TKP. Tiba-tiba dikabari temanya, jika kendaraannya tertabrak bus.

“Saya  minta ganti rugi,” ujarnya.  Pernyataan serupa disampaikan Nando. Ia mengungkapkan, jip yang di kemudikannya bukan miliknya. Sehingga,  pihaknya menginginkan ganti rugi kepada sopir bus. “Benturannya tidak terlalu  keras karena sempat menabrak kendaraan   lain. Kemudian, dia (M. Ali) banting ke  kanan. Sementara, saya dari arah sebaliknya. Saya sudah rem, tapi tetap saja terseret,” ujarnya.

Terpisah Kanit Laka Lantas Polres Probolinggo Ipda Siswandi mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan  ini. Namun, tetap menimbulkan kerugian  materi sekitar Rp 2 juta.  Pihaknya juga membenarkan jika tabrakan itu akibat   rem bus blong. “Akibat rem blong, sehingga bus itu menghantam kendaraan lain,”  ujarnya. (radar)

Incoming search terms:

  • memek blong
  • rem blong di bromo