Browse By

Longsor, Akses Jalur Wisata Gunung Bromo Terputus

Akses ke Bromo di Jurang Jontro

MAYANGAN – Longsor terjadi di Dusun Jurang Jontro, RT 5/RW 3, Desa Wonokerto, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Menyusul hujan lebat pada Jumat malam (19/4) yang terjadi di Sukapura. Tebing setinggi lebih dari 15 meter yang ada di pinggir jalan menuju desa di puncak gunung Bromo itu, longsor sekitar pukuul  07.00.

Akibatnya, jalan satu-satunya menuju gunung Bromo itu terputus total selama satu jam. Jalan tertimbun longsoran  tanah dari tebing. Satu jam kemudian, baru jalan mulai bisa  dilalui kendaraan. Meskipun harus berjalan  bergantian. Itu setelah BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah)  Kabupaten Probolinggo bersama warga setempat membersihkan material longsor di jalan.  

Loading...

Camat Sukapura Yulius Christian ditemui di lokasi longsor menjelaskan, pihaknya baru tahu terjadi longsor pada pukul 08.00,  setelah dikabari warga sekitar. Pihak kecamatan lantas menghubungi  BPBD Kabupaten Probolinggo. Barulah sekitar pukul 09.00, BPBD datang dan membantu menyingkirkan material tebing.  

“Sekitar pukul 08.00 saya menghubungi BPBD. Satu jam kemudian, baru BPBD datang dan ikut membantu membersihkan material longsor bersama warga sekitar,” terangnya.  Kerja cepat itu membuat akses wisata yang tertutup itu bisa difungsikan kembali. Meskipun hanya  bisa dilewati secara bergantian.  Yulius menyebut, jalan itu merupakan akses satu-satunya menuju gunung Bromo.

“Apalagi,  kemarin adalah long week end. Jadi banyak kendaraan lalu lalang,” terangnya. Lebih jauh, Yulius mengimbau agar warga dan pengguna jalan berhati-hari saat melintas. Sebab,  sisi tebing sebelah kanan dankiri yang telah longsor dan rawan longsor lanjutan.

Untuk mengantisipasi longsor susulan, pihaknya loader. Loader  tersebut akan stand by hingga weekend berakhir.  “Jika terjadi hujan lagi dikhawatirkan ada longsor susulan. Mengingat kondisinya (di samping kanan dan kiri yang longsor)  sangat memungkinkan untuk  terjadinya longsor susulan,” terangnya. (radar)