Browse By

Urai Kemacetan, Lebarkan Jalan

Proyek Rp 22 M di Pandaan dan Purwosari Dimulai

PANDAAN – Kemacetan panjang di simpang empat Taman Dayu yang juga jadi akses tol Pandaan-Gempol jadi perhatian pemerintah. Saat ini, proyek pelebaran jalan di simpang empat itu mulai dikerjakan. Pengerjaan pelebaran jalan nasional di simpang empat Taman Dayu itu dibarengkan dengan pelebaran jalan di Purwosari.

Dengan pelebaran dua titik jalan nasional itu, diharapkan bisa mengurai kemacetan yang kerap terjadi di wilayah setempat. Terutama saat weekend. Informasi yang  dihimpun menyebutkan, proyek pelebaran  dua titik jalan nasional itu menelan anggaran Rp 22 miliar. Anggarannya, diambilkan dari  APBN.

Loading...

“Proyek penggarapan fisiknya sudah berjalan dua hari terakhir. Untuk pelebaran depan Taman  Dayu, kami targetkan rampung sebelum Lebaran dan sudah bisa dimanfaatkan. Untuk Purwosari hingga Purwodadi, paling cepat  butuh waktu tiga bulan,” ujar Supri, staf humas di Balai Besar  Jalan Nasional VIII wilayah Surabaya dan Bali saat ditemui di lapangan, kemarin.

Supri menyebutkan, pengerjaan proyek di depan Taman Dayu  tetap sesuai dengan rencana awal. Yakni, panjang ruas jalan  yang dilebarkan mencapai 500  meter dengan lebar mencapai 2,5-3 meter.  Sementara untuk pelebaran  jalan di Kecamatan Purwosari bakal lebih panjang dari skenario awal.

Awalnya pelebaran jalan itu dilakukan mulai Desa Martopuro hingga Desa Kertosari, berbatasan dengan Kecamatan Purwodadi. Nah usai dievaluasi, pelebarannya dilanjutkan hingga simpang tiga Purwodadi.  “Di Pandaan tetap sesuai dengan rencana awal, tidak berubah. Untuk Purwosari, ada perubahan. Sebab, diteruskan hingga simpang tiga  Purwodadi,” jelas Supri. (radar)