Browse By

Sebulan, Ringkus 17 Tersangka

Juga Amankan Puluhan Gram Narkoba

PANGGUNGREJO-Perang terhadap narkoba terus digalakkan Satreskoba Polres Pasuruan Kota. Itu, dibuktikan dengan banyaknya penangkapan yang dilakukan dalam sebulan terakhir. Penangkapan itu dilakukan di sejumlah  titik peredaran narkoba di wilayah  hukum Kota Pasuruan.

Sebanyak 17 tersangka kini diamankan di Mapolresta Pasuruan beserta sejumlah barang buktinya. Belasan tersangka itu merupakan gabungan dari dua kasus yang berbeda, yakni kasus narkotika jenis sabu dan obat keras. Sebanyak 12 tersangka di  antaranya terlibat dalam kasus  penyalahgunaan narkotika jenis sabu.

Loading...

Sedangkan 5 tersangka lainnya merupakan pelaku penyalahgunaan obat keras. Kasatreskoba Polres Pasuruan Kota AKP ML Tadu mengatakan,  penangkapan tersebut merupakan hasil penyelidikan yang dilakukan  sejak digelarnya Operasi Tumpas  Narkoba Semeru, beberapa bulan  lalu.

“Mereka (tersangka, Red)  merupakan hasil lidik dalam operasi tumpas dan baru  tertangkapnya satu bulan terakhir. Semuanya merupakan pengedar dan pengecer,” terang Tadu saat menggelar rilis terhadap sejumlah awak media di halaman Mapolresta  Pasuruan, kemarin.

Selain mengamankan belasan  tersangka, lanjut Tadu, pihaknya juga turut menyita sejumlah barang  bukti saat dilakukan penangkapan  terhadap pelaku. Barang bukti yang diamankan tersebut yakni narkotika jenis sabu-sabu seberat 46,5 gram; pil Triexyphenidyl sebanyak 54.400 butir; serta pil Carnophen sebanyak 192 butir.

Juga sejumlah uang yang turut diamankan dengan total nilai sebanyak Rp 3.188.500. Belasan tersangka tersebut dikenakan pasal yang berbeda. Hal itu menyesuaikan kasus yang melibatkan masing-masing tersangka.

“Untuk kasus sabu, dijerat pasal 114 ayat 1 UU No  35 Tahun 2009 dengan ancaman  4 hingga 12 tahun penjara. Sementara untuk kasus obat keras dijerat pasal 196 UU No  36 Tahun 2009 tentang Kesehatan,” beber Tadu. (radar)