Browse By

Jumlah “Tenaga Kerja Asing” Makin Banyak

PROBOLINGGO – Jumlah tenaga kerja asing (TKA) di Kota Probolinggo, makin tahun makin banyak. Jika tahun lalu hanya  ada 48 orang, tahun ini tercatat  ada 53 TKA. Mereka tersebar di 6 perusahaan  besar di Kota Probolinggo.

Kabid Penempatan, Pelatihan, Perluasan dan Produktivitas Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja Kota Probolinggo Suripto mengatakan, tahun ini jumlah TKA meningkat dari 2016. Tahun lalu,  hanya ada 48 TKA.

“Pengajuan izin TKA ini melalui perusahaan ke Kementerian Tenaga Kerja kemudian Provinsi  Jawa Timur. Sedangkan, Dinas Tenaga Kerja hanya mendapatkan tembusan izin. Untuk pengawasan tenaga kerja dilakukan oleh pengawas tenaga kerja yang saat ini berada di bawah kewenangan  Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa  Timur,” jelasnya.

Loading...

Suripto mengatakan, setiap tenaga kerja harus memiliki izin. Mereka tidak boleh bekerja sebelum izinnya keluar. Karenanya, perusahaan harus mengajukan Rencana Penggunaan Tenaga  Kerja Asing (RPTKA) dulu, ke Kementerian Tenaga Kerja.

“Ada ketentuan khusus tentang posisi TKA di perusahaan. TKA dibatasi hanya untuk tenaga ahli di perusahaan dengan level manajer. Sedangkan, pekerja kasar seperti buruh tidak diperbolehkan menggunakan TKA,” ujarnya.  (radar)

Incoming search terms:

  • bokep tenaga kerja ading diindonesia