Browse By

BPBD Pasuruan Tambah 4 Kelurahan Tangguh Bencana

PURWOREJO -Daftar kelurahan yang masuk tanggap bencana di Kota Pasuruan, akan bertambah. Ini, lantaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  kota setempat, berencana menambah empat kelurahan lagi,  sebagai kelurahan tanggap bencana tahun ini.

Empat daerah ini dimasukkan menjadi kelurahan tanggap bencana lantaran memang sering ter jadi banjir. Keempatnya berada di dua kecamatan yakni Gadingrejo dan Purworejo. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pasuruan Yanuar Afriansyah mengatakan, sampai saat ini Kota Pasuruan memiliki 8 daerah tangguh bencana.

Delapan daerah  ini tersebar di 4 kecamatan dan sudah ditetapkan dalam peraturan wali kota pada 2015 lalu. Delapan daerah tersebut adalah  Kelurahan Kebonagung, Kelurahan Purworejo, dan Kelurahan Pohjentrek di Kecamatan Purworejo; Kelurahan Karangketug di Kecamatan Gadingrejo dan  Kelurahan Bakalan dan Blandongan di Kecamatan Bugul  Kidul. Serta, Kelurahan Kebonsari dan Kandangsapi di Kecamatan  Panggungrejo.

Loading...

“Sudah 8 kelurahan dari total 36  kelurahan yang menjadi daerah  tangguh bencana. Delapan kelurahan tersebut sudah ditetapkan melalui Perwali. Jumlah ini masih minim  karenanya kami berencana menambahnya tahun ini,” katanya.

Yanuar menjelaskan, ada 4 kelurahan yang akan dijadikan sebagai daerah tangguh bencana tahun ini. Mereka adalah Kelurahan Randusari dan Kelurahan Krap yakrejo di Kecamatan Gadingrejo serta Kelurahan Wirogunan dan Kelurahan Purutrejo di Kecamatan Purworejo.

Menurutnya, pembentukan daerah tangguh bencana ini bukannya tanpa alasan. Tujuannya, untuk meningkatkan peran serta  masyarakat sehingga dampak bencana dapat diantisipasi sejak  ini. Untuk itu, pihaknya akan melakukan sejumlah upaya.

Di antaranya, melakukan sosialisasi pada warga apa itu daerah tangguh bencana. Selanjut nya,dibentuk forum kelura han tangguh  bencana. Setelah itu diberikan pelatihan mitigasi bencana. Terakhir, ditetapkan melalui perwali. (radar)