Browse By

Antisipasi Banjir, Tinggikan Jembatan Rel KA

BUGULKIDUL – Upaya mengantisipasi banjir yang kerap menggenangi sejumlah titik rel kereta api (KA) di wilayah Kota Pasuruan sampai Bangil, terus dilakukan. Selain melengkapi sejumlah kawasan rel KA dengan box culvert, Daerah Operasi (Daop) IX  Jember juga berencana meninggikan jembatan rel KA di Kelurahan Blandongan, Bugulkidul, Kota  Pasuruan.

Kemarin (18/4), tampak sejumlah pekerja melakukan pengurukan tanah pada plengsengan di sisi timur sebelah utara jembatan rel KA di Blandongan. Humas Daop 9 Jember Lukman Arif mengatakan, pihaknya berencana melakukan peninggian jembatan rel KA di Kelurahan  Blandongan, Kecamatan Bugulkidul.

Rencana peninggian itu bukannya tanpa alasan. Saat penghujan datang, kawasan jembatan rel kerap terendam air sungai. Sampah yang mengalir melalui sungai di bawah jembatan juga kerap menyangkut.  “Peninggian jembatan termasuk  salah satu rekayasa teknis untuk  mengantisipasi banjir, selain dengan memasang box culvert. Sebab, saat banjir, banyak sampah nyangkut di jembatan sehingga mengganggu perjalanan  KA,” kata Lukman Arif.

Loading...

Lukman menjelaskan, jembatan rel KA tersebut akan ditinggikan 50 sentimeter. Sebagai  tahap awal, pihaknya akan menggeser plengsengan di sisi timur  sebelah utara dan sisi timur sebelah selatan jembatan terlebih  dahulu.

Untuk plengsengan di sebelah timur, rencananya akan digeser sepanjang 240 sentimeter ke  utara dari lokasi yang ada saat  ini. Sementara, plengsengan di sebelah selatan jembatan akan  digeser 150 sentimeter dari lokasi semula. Rencananya, pengerjaan plengsengan dan peninggian jembatan ditarget rampung akhir bulan ini.

“Plengsengan digeser agar memudahkan pekerja saat hendak membersihkan jemba-  tan. Sebab, posisinya saat ini terlalu sempit. Insya Allah, dua  pengerjaan ini rampung sebelum memasuki bulan Ramadan,” terang Lukman.

Sebagai antisipasi hal buruk  terjadi, pihaknya juga sudah  meminta pada para pekerja agar menggunakan baju dengan warna yang mencolok. Selain itu, pihaknya juga meminta agar KA yang lewat melambatkan laju kecepatannya hingga 10-20  kilometer per jam. (radar)