Browse By

Dua Jam, Tilang 60 Pengendara

BUGULKIDUL-Operasi penertiban kendaraan umum dan angkut, kemarin (17/4) kembali di gelar unit pengelola teknis (UPT) LLAJ Probolinggo Dinas Perhubungan Provinsi Jatim. Walau hanya dua jam menggelar operasi, sedikitnya  ada puluhan kendaraan yang harus diberi  surat tindak pelanggaran.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Bromo, operasi keselamatan dan ketertiban tipe B kemarin, kembali di gelar di  Terminal Untung Suropati. Dalam operasi  itu, puluhan petugas gabungan dari  Dishub Kota dan Kabupaten Pasuruan, Satlantas dan Satreskrim Polres Pasuruan Kota, dan CPM Pasuruan, dikerahkan.

Selama operasi dilakukan, sebanyak 311 kendaraan muatan dan angkutan umum. Dari sejumlah kendaraan yang diperiksa, terdapat sebanyak 60 kendaraan yang melakukan pelanggaran. “Jenis pelanggarannya beragam.

Loading...

Dari  pelanggaran mati uji, dimensi, tanpa  trayek, tidak masuk terminal, dan tidak  sesuai peruntukan,” kata M. Chisjqiel, kasie Pengendalian Operasional Dishub Jatim. Ia menyebutkan, operasi tersebut  didasarkan oleh UU No 32 Tahun 2009  tentang Otonomi Daerah dan UU No 22  Tahun 2009 tentang Lalu Lintas.

“Pelanggaran yang banyak seperti buku uji untuk kendaraan bermuatan atau buku trayek  untuk angkutan umum yang tidak berlaku,” beber Chisjqiel. Menurutnya, sejumlah pelanggaran  yang ditemukan akan di kenai sanksi tilang.

Sementara ia juga menyampaikan bahwa  dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan operasi dengan sidang di tempat. Berdasarkan catatan Jawa Pos Radar  Bromo, tingkat pelanggaran yang ditemukan dibandingkan dengan hasil operasi bulan  lalu, mengalami penurunan.

Diketahui, pada awal Maret lalu, sebanyak 65 jenis pelanggaran yang ditemukan dalam  operasi yang sama. (radar)