Browse By

Atasi Banjir di Pantura, Bangun Drainase

DRINGU – Kondisi ruas jalan raya  pantura di Desa Tamansari, Kecamatan Dringu, yang kerap dilanda banjir mulai jadi perhatian pemerintah pusat. Untuk mengatasi problem itu, saat ini di bangun drainase di sisi selatan ruas jalan raya setempat.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Bromo, pembangunan drainase itu sudah berlangsusng sekitar dua pekan terakhir. Dimulai dari pengerukan lahan tepi jalan sampai pemasangan tembok penahan tanah.  Saluran drainase itu nantinya bakal   menampung air yang selama ini menggenangi jalan raya.

Selanjutnya, air  di buang menuju sungai di jembatan Tamansari sisi barat.  Pejabat Pembuat Komitmen (PPK)  jalan nasional wilayah Probolinggo-Situbondo, David Mulyanto saat dikonfirmasi mengatakan, jalan raya pantura di Desa Tamansari, Dringu, selama ini memang jadi langganan banjir.

Loading...

Kondisi itu membuat jalan  cepat rusak. Salah satu penyebab banjir itu adalah ruas jalan setempat selalu jadi buangan air dari bukit bentar di sisi selatan. Sementara di ruas jalan setempat selama ini belum memiliki  drainase.

“Kami bangun saluran air karena jalan itu menjadi genangan  air. Supaya perbaikan jalan tidak  cepet rusak kembali, maka harus  dibuatkan saluran air lebih dulu,” kata David kepada Jawa Pos Radar Bromo, kemarin.

David sendiri tak tahu pasti besaran anggaran untuk pembangunan drainase itu. Yang  jelas, menurutnya, kontrak proyeknya jadi satu di sepanjang jalur Probolinggo-Situbondo. Pembangunan saluran air itu dikatakan David, harus selesai tahun ini.

Nantinya saluran air itu dibangun sepanjang sekitar 200 meter ke arah barat. Sampai  ke sungai Tamansari. “Sekarang, baru pengerukan untuk saluran air itu,” tuturnya. (radar)