Browse By

Menghindar, Tronton Terguling ke Teras

PURWOSARI – Kecelakaan tunggal terjadi di jalan raya Surabaya-Malang, Desa Martopuro, Kecamatan Purwosari,  kemarin (13/4) pagi, pukul 05.30. Sebuah truk tronton terguling dan menimpa teras rumah warga di pinggir jalan, karena  berusaha menghindari kendaraan di depannya.

Informasi yang dihimpun koran ini menyebut, pagi itu truk tronton melaju dari arah utara ke selatan. Tronton Nopol P 9294 UZ bermuatan kayu itu, dikemudikan I Ketut  Raka, 50, warga Desa Manistutu, Kecamatan  Melaya, Kabupaten Jembrana.

Sesampai di lokasi kejadian, tronton melintasi jalan yang agak menanjak. Saat itulah, tiba-tiba sopir tronton banting setir ke kiri. Namun, rupanya sopir hilang  kendali, hingga tronton terguling di lajur lambat, tepatnya di bahu jalan.

Loading...

Tepat di sebelah timur bahu jalan, berdiri rumah warga. Tronton pun menimpa  teras rumah warga. Saat itu juga, sebagian  muatan kayu tumpah  bersamaan dengan  tergulingnya kendaraan ini. Dan, sebagian  teras rumah warga pun ambruk, akibat tersenggol bodi tronton.  

Kaposlantas Purwosari Aiptu Sugeng  Wahono menegaskan, tergulingnya   ronton  ini bukan karena faktor teknis. Namun,  karena sopir berusaha menghindari kendaraan di depan.  “Sopir berusaha menghindari kendaraan lain. Dia banting setir ke kiri, namun ternyata langsung  terguling,” lanjut Sugeng.  

Beruntung, saat kejadian itu tronton  melaju pelan. Selain itu, arus lalu lintas masih sepi. Sehingga, tronton tak sampai menimpa kendaraan lain. Sopir tronton pun selamat, tanpa mengalami luka berarti. Dia langsung keluar   dari ruang kemudi, sesaat setelah tronton terguling. 

“Posisi tronton di pihak kurang menguntungkan. Sopir lalai. Dia tak seksama memperhatikan arus lalu lintas di depannya,” ucap Sugeng.  Kecelakaan ini menimbulkan sejumlah  kerugian materiil. Di antaranya, atap  teras milik warga ambruk. Lalu, kaca depan tronton pecah, spion kiri dan kaca pintu kiri pecah.

“Barang bukti berupa kendaraan, berikut  suratnya kami amankan di Poslantas. Namun,  penyidikannya ditangani unit laka Satlantas  Polres Pasuruan,” terangnya. (radar)