Browse By

Giliran Subairi Dituntut 15 Bulan

KRAKSAAN – Satu persatu terdakwa kasus penipuan berkedok penggandaan uang dengan korban Suhadi Prayitno, dituntut hukuman penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU). Kemarin, giliran terdakwa Ahmad Subairi, 44, yang dimintakan hukuman selama 15 bulan penjara oleh JPU.

Tuntutan itu, dibacakan oleh JPU  Kabupaten Probolinggo dalam persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Kraksaan. JPU menilai, terdakwa telah terbukti melanggar pasal 378 KUHP juncto pasal 56 ke-2 KUHP. Karenanya, JPU meminta majelis  hakim menghukum sultan di Padepokan Dimas Kanjeng, itu selama 15 bulan penjara.

JPU Rizky Raditya mengatakan, terdakwa Subairi dianggap telah ikut serta membantu dalam aksi penipuan yang dilakukan oleh  pimpinan Padepokan Dimas  Kanjeng, Taat Pribadi terhadap korban Prayitno. Akibatnya, korban Prayitno  mengalami kerugian  sekitar Rp 800 juta.

Loading...

“Kami tuntut terdakwa Subairi dengan hukuman selama 15 bulan penjara. Pasal yang di buktikan dalam tuntutan pasal 378 KUHP juncto pasal 56 ke-2 KUHP,” ujarnya,  usai persidangan di PN Kraksaan, kemarin.

Rizky menjelaskan, dalam kasus dugaan penipuan itu, terdakwa  diduga kuat terlibat dalam aksi penipuan terhadap korban Prayitno untuk menjadi pengikut Padepokan Dimas Kanjeng. Selanjutnya, korban membayar sejumlah mahar secara bertahap kepada Ismail Hidayah yang kemudian diduga diserahkan kepada Taat Pribadi.

“Peran terdakwa menyiapkan jimat-jimat atau kantong emas dan beberapa barang yang digunakan untuk menipu korban,” jelas Rizky. Usai JPU membacakan tuntutannya, majelis hakim yang diketuai oleh Basuki Wiyono, itu mempersilakan terdakwa menanggapinya.

Mendapati itu, terdakwa yang tidak didampingi penasihat hukum meminta waktu untuk mengajukan pembelaan pada sidang berikutnya, Senin (17/4). Karenanya, majelis hakim menunda persidangan dengan agenda pembacaan pembelaan  terdakwa.

Sebelumnya, JPU juga telah menuntut salah satu Sultan Padepokan Dimas Kanjeng, Suparman. Pria  asal Kabupaten Bondowoso, itu  dituntut hukuman selama 3 tahun penjara. Namun, majelis hakim  memvonis Suparman 2 tahun penjara. Kasusnya sama, Suparman juga disebut ikut terlibat dalam kasus penipuan dengan korban Prayitno. (radar)

Incoming search terms:

  • bokep jepang anak dan ibu bertahap