Browse By

Balap Traktor Diikuti Peserta Perempuan

KRAKSAAN – Selain lomba memancing ikan lele, Pemkab Probolinggo juga akan menggelar lomba balap alat mesin pertanian (alsintan) hand tractor. Lomba yang  digelar dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Probolinggo (Harjakapro) ke 271 ini, akan digelar pada Senin (17/4).

Bila tahun-tahun sebelumnya hanya diikuti oleh peserta  laki-laki, tahun ini juga akan ikuti oleh peserta perempuan. Sejauh ini, sudah ada 90 peserta laki-laki dan 19 peserta  perempuan. Sehingga, ditotal ada 109 peserta yang terdaftar mengikuti acara yang akan digelar di lahan persawahan  Kelurahan Semampir, Kecamatan Kraksaan, ini.  Mereka akan mulai berlomba pukul 08.00 WIB.

“Lomba  itu dalam rangka memeriahkan Harjakapro. Kedua,  sebagai ajang silaturahmi antarkelompok tani dan untuk mengetahui teknis mengemudikan hand tractor dengan  baik dan benar,” ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan  Pertanian Kabupaten Probolinggo Ahmad Hasyim Ashari.

Loading...

Dalam lomba ini, para peserta harus mengikuti babak penyisihan sampai babak final. Dalam babak semifinal  sampai final direncanakan akan dilepas langsung oleh  Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari. Hasyim mengaku para peserta laki-laki akan mengemudikan hand tractor mengarungi lintasan sepanjang 75 meter dengan putar balik. Sedangkan, peserta perempuan hanya melintasi sepanjang 75 meter tanpa putar balik.

“Kami berharap dengan lomba itu agar penggunaan alsintan ke depan bisa lebih dimaksimalkan untuk pengolahan  tanah. Sebab, pesertanya dari seluruh Kabupaten Probolinggo,” ujarnya. (radar)