Browse By

1.994 Siswa Tak Ikuti UNBK

Terkendala Komputer, Pilih UNKP

KRAKSAAN – Hari ini giliran siswa SMA dan MA yang mengikuti  Ujian Nasional (Unas). Termasuk, 7.700 siswa siswa SMA-MA di Kabupaten Probolinggo. Namun,  tidak semua peserta di Kabupaten Probolinggo mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Tahun ini, dari 76 MA ada 56  MA yang belum bisa menggelar  UNBK. Karenanya, ribuan siswa da ri 56 MA itu akan mengikuti Ujian Nasional Kertas Pensil  (UNKP). Sedangkan, untuk seluruh  SMA di Kabupaten Probolinggo sudah bisa menggelar UNBK.

Loading...

Dari 7.700 siswa itu, 3.897 peserta berasal dari SMA negeri dan swasta. Sedangkan, dari MA negeri dan swasta ada 3.803 peserta.  Dari 3.803 peserta asal MA itu, 1.994 siswa dari 58 MA tak bisa  mengikuti UNBK karena keterbatasan komputer.

Plt Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdindik) Wilayah  Kabupaten/Kota Probolinggo Sri Yuliasih mengatakan, persia panpelaksanaan Unas tingkat SMA-MA sudah tuntas. Kemarin, pihaknya sudah memastikan semua jaringan lembaga penyelenggara UNBK terkoneksi. Sehingga, saat dimulai UNBK tidak ada kendalasoal koneksi komputer.

“Untuk ujian nasional lembaga MA yang mengikuti UNKP juga sudah siap. Soal dan lembar jawaban sudah didistribusikan ke polsek terdekat dan siap dikirim ke sekolah masing-masing besok (hari ini),”  ujarnya, kemarin.

Yuli mengatakan, tahun ini semua SMA menggelar UNBK. Sedangkan, untuk MA MA, dari  76 lembaga hanya 18 MA yang mengikuti UNBK. Sisanya, 58lem baga menggelar UNKP. Sebab, puluhan MA ini masih terkendala  dengan keterbatasan fasilitas komputer yang dimiliki lembaga masing-masing.

“MA di Kabupaten Probolinggo yang negeri hanya MAN Pajarakan dan MAN Paiton,” ujarnya. (radar)